Alquran, Kitab Paket Lengkap

Hot News

Hotline

Alquran, Kitab Paket Lengkap



Oleh: Amallia Fitriani, S.Pd.I


Ramadan disebut pula bulan Alquran (syahrul quran). Pada bulan inilah Alquran diturunkan sebagaimana Allah Swt berfirman "Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)" (TQS Albaqarah: 185).

Alquran telah mengubah kehidupan bangsa Arab yang jahiliah menjadi umat yang maju bahkan mampu memiliki peradaban yang gemilang pada masanya. Dahsyatnya pengaruh Alquran ini menjadikan bangsa Arab mampu menumbangkan singgasana penguasa-penguasa yang beristana megah. Kekaisaran Persia dengan ajaran Majusinya dan Kerajaan Romawi Bizantium dengan Nasraninya, keduanya tidak mampu menghentikan gerak sejarah yang dibangkitkan kaum yang kaya akan rahmat Allah.

Berabad-abad dalam naungan Khilafah Islamiyah, Alquran menjadi pedoman hidup kaum muslim. Umat pada saat itu tidak hanya membacanya, tapi mereka menerapkan Alquran dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Sudah amat jelaslah bahwa Alquran mampu membawa manusia kepada kebangkitan di dunia dan di akhirat. Semua ini terjadi karena Alquran memiliki tiga fungsi utama. Pertama, sebagai mukjizat abadi Nabi Muhammad saw. Kedua, sebagai media ibadah kaum muslim. Ketiga, sebagai pedoman hidup kaum muslim

Kemukjizatan Alquran
Mukjizat adalah pembuktian akan kelemahan (itsbatul'ajiz), yaitu perbuatan menyimpang dari adat kebiasaan dan menyalahi sunnatullah (anzhimatul wujud) yang telah dipahami manusia. (Muhammad Husain Abdullah, Studi Dasar-Dasar Pemikiran Islam, 2007)

Kemukjizatan Alquran terletak pada gaya bahasanya, yang siapapun tidak mampu menandinginya sekalipun bangsa Arab yang pada waktu itu berada pada puncak kesustraannya. Jika manusia dan jin bersekutu membuatnya, tetap tidak akan mampu membuat satu surat saja yang semisal dengan Alquran. Tantangan Allah Swt  ini tertera pada firmanNya "Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Alquran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Alquran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar" (TQS Albaqarah: 23). Ini membuktikan bahwa Alquran adalah kalam Allah Swt dan bukan karangan nabi Muhammad saw. Hal itu juga membuktikan kerasulannya dan kemukjizatan Alquran itu terus berlaku sepanjang masa.

Dengan Alquran, Rasulullah saw mampu membuktikan bahwa beliau adalah nabi dan rasul Allah Swt. Dengan Alquran, generasi pertama kaum muslim mampu mengalahkan kafir Quraisy dan sekutu-sekutunya, dan dengan Alquran pula umat Islam mampu mencapai masa kegemilangan selama 13 abad lamanya. Karena itu dengan Alquran pula insya Allah kaum muslim masa kini pun akan mampu membangkitkan umat dan mengembalikan kejayaan Islam.

Alquran Media Ibadah
Bagi seorang muslim membaca al-quran merupakan salah satu ibadah dari ibadah-ibadah lainnya, untuk mendekatkan diri kepada Allah, baik mengerti artinya atau tidak, dinilai sebagai ibadah di sisi Allah Swt: Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Alquran) dan dirikanlah shalat  (Alankabut: 45)

Membaca Aquran merupakan ibadah yang unik, karena dengan hanya membacanya kita mendapat banyak ganjaran. Abdullah bin Masud ra. berkata, Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kita Allah, maka dalam setiap hurufnya akan mendapatkan kebaikan, dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan alif laam miim satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf" (HR. Tirmidzi)

Yang lebih uniknya lagi dengan hanya mendengarkan bacaan Alquran tidak kalah besar pahalanya. Bahkan mendengarkan Alquran merupakan sarana untuk memperoleh pengampunan dari Allah Swt “Dan apabila dibacakan Alquran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat (QS. Al-Araf:204). Berkumpul di masjid untuk membaca dan mempelajari tafsir-tafsir serta hukum-hukum Alquran sangat dianjurkan, terutama pada bulan ramadhan ini.

Alquran sebagai pedoman hidup
Allah Swt sang Maha Pencipta, Maha Mengetahui apa yang dibutuhkan oleh setiap makhluk ciptaanNya itu. Allah Swt tidak begitu saja menciptakan makhlukNya tanpa memberikan petunjuk kepadanya. Oleh karena itu, Allah Swt menurunkan Alquran kepada umat muslim agar menjadi petunjuk bagi mereka dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Bagi seorang muslim yang tujuan hidupnya ingin mendapatkan rida Allah Swt serta tujuan dari akhir kehidupannya adalah mendapatkan surganya Allah Swt, sudah barang tentu harus memiliki pedoman hidup yang benar agar mampu menghantarkan kepada tujuan hidupnya tersebut.

Sebagai petunjuk dan pedoman hidup manusia Alquran telah menjelaskan segala yang diperlukan oleh manusia dalam kehidupannya serta dalam memecahkan semua permasalahan yang tengah dihadapi oleh manusia dari masa kemasa. Dari ayat-ayatnya para ulama mujtahid menggali hukum untuk menyelesaikan problem-problem yang baru.

Alquran menjelaskan dan memecahkan berbagai persoalan praktis kehidupan manusia di bumi, berkaitan dalam masalah ibadah penghambaan kepada Allah Swt, seperti salat, puasa, zakat, haji, doa dan zikir.

Berkaitan dengan pembentukan sifat-sifat akhlaqul karimah, Alquran menjelaskan seperti jujur, adil dan akhlaq-akhlaq terpuji lainnya. Dalam Alquran pun dijelaskan bagaimana Islam mengatur tentang menjaga kelestarian hidup manusia. Didalamnya ada hukum tentang pernikahan seperti perwalian, penyusuan, pengasuhan anak, nafkah, warisan, perselisiahan hingga perceraian serta pelarangan berbuat zina. Selain contoh di atas masih banyak sekali penjelasan lain seperti masalah ekonomi, sosial, pendidikan, pengaturan hidup bermasyarakat dan lain sebagainya. Dengan demikian Alquran menjadi petunjuk dan pedoman hidup kaum muslim sehingga mereka dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Jika kaum muslimin saat ini ingin kembali pada masa kejayaannya seperti dahulu dan menjadi umat yang terbaik, maka selayaknya kaum muslim kembali menempatkan Alquran pada kedudukan yang sebenarnya, bukan hanya saja sebagai mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw, bukan hanya sekedar media ibadah dengan membacanya saja, tapi sudah seharusnya menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup kaum muslim. Hal ini tentu harus diwujudkan dengan menerapkan semua hukum-hukum yang ada dalam Al-quran di tengah-tengah kehidupan dan dalam seluruh aspek kehidupan, baik dalam masalah akidah, ibadah ritual, muamalah, siyasah (politik), pendidikan, hudud, dll.
Wallahu a'lam bisshowwab.



Editor: Vinci P*

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.