Islam Moderat, Islam Ala Barat

Hot News

Hotline

Islam Moderat, Islam Ala Barat

(sumber gambar: www.antaranews.com)
Oleh Erwina Mei Astuti
(anggota komunitas revowriter Jombang)

Pesan Bogor. Demikianlah hasil dari Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia yang berlangsung 1-3 Mei lalu di Bogor. KTT ini dihadiri oleh seratusan Ulama dan Cendekiawan Muslim dari 40 negara. Mereka berkomitmen untuk pertama mengaktifkan kembali paradigma Washatiyat Islam sebagai ajaran Islam pusat yang meliputi 7 (tujuh) nilai utama: Tawassut, I'tidal, Tasamuh, Syura, Islah, Qudwah, Muwatonah. Kedua menjunjung tinggi nilai-nilai paradigma Wasatiyyat Islam sebagai budaya hidup secara individual dan kolektif, dengan melambangkan semangat dan eksemplar dari sejarah peradaban Islam. Ketiga memperkuat tekad untuk membuktikan kepada dunia, bahwa umat Islam sedang mengamati paradigma Washatiyat Islam dalam semua aspek kehidupan. Empat mendorong negara-negara Muslim dan komunitas untuk mengambil inisiatif untuk mempromosikan paradigma Washatiyat lslam, melalui World Fulcrum of Wasatiyat Islam, dalam rangka membangun Ummatan Wasathan, sebuah masyarakat yang adil, makmur, damai, inklusif, harmonis, berdasarkan pada ajaran Islam dan moralitas. Sebagai tindak lanjutnya Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (KDPM-MUI) akan menggelar kegiatan Muhibbah Dai’ Serumpun lima negara ASEAN pada tanggal 7-15 Mei 2018 sebagai upaya menyebarkan Islam washatiyat ini.

Bukan Ide Baru

Tentang Islam washatiyat dan Indonesia bukanlah hal baru. Setahun lalu pujian oleh Mike Pence, Wakil Presiden Amerika Serikat dilontarkan “Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar, Islam moderat di Indonesia, sejujurnya menurut saya, adalah inspirasi bagi seluruh dunia,” ungkap Pence, seperti dilaporkan Asian Correspondent, Jumat 21 April 2017.

Namun ide ini digulirkan untuk merespon adanya dikotomi Islam di masyarakat. Sebagaimana diketahui terdapat dua kelompok Islam yang saling bertolak belakang yaitu Islam radikal dan Islam liberal. Islam washatiyat hadir diantaranya dan dianggap sebagai hal yang tepat untuk kondisi saat ini.

Washatiyat atau moderat merupakan Istilah yang disandingkan dengan Islam agar terkesan Islam netral. Akan tetapi moderat sebagai jalan tengah ini merupakan bentuk trauma di masa lalu. Trauma yang terjadi di barat untuk menyelesaikan sengketa antara pihak gereja dan pemikir. Pihak gereja memandang bahwa agama (Kristen) layak untuk mengatur urusan kehidupan, sedangkan para pemikir (filosof) memandang sebaliknya. Hasil akhirnya diambillah kompromi atau jalan tengah atau moderat. Keberadaan agama (Kristen) tetap diakui tapi untuk mengatur urusan interaksi manusia dengan Tuhan saja tanpa turut campur dalam persoalan kehidupan. Sedangkan urusan kehidupan diserahkan kepada akal manusia sepenuhnya. Inilah dasar pemahaman barat yang dijadikan akidah dari ideologi mereka yaitu sekulerisme, ide pemisahan agama dari kehidupan. Jadilah Islam washatiyat sebagai alat barat yang ditularkan pada umat Islam.

Islam Moderat sebagai Alat Barat 

Syariat Islam jelas adanya. Pun tidak ada dikotomi tentang Islam di dalamnya. Tak dikenal istilah Islam radikal, Islam moderat, Islam nusantara dsb. Perintah Allah pun jelas untuk masuk ke dalam Islam secara kaffah sebagaimana dalam QS Al baqarah : 208 yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu". Islam secara keseluruhan mencakup Islam mengatur urusan agama maupun seluruh aspek kehidupan.

Karenanya ketika syariat Islam berusaha diterapkan dan ditegakkan seperti khilafah, hutang tanpa riba, sanksi dalam pelanggaran hukum dsb dianggap radikal, maka pemahaman ini berusaha digencarkan. Sebagai upaya untuk menjauhkan Umat Islam dari ajaran agamanya sepenuhnya. Inilah tujuan barat, membuat umat Islam terpalingkan dari ajaran agamanya. Islam akan disekulerkan. Dipisahkan agama dari urusan dunia, politik, maupun negara. Inilah Islam moderat yang digembar gemborkan. Inilah Islam moderat yang dijadikan alat barat untuk menjauhkan umat. Wallahua'lam bisshowab.

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.