Santri Hidayatullah Batam Semarakkan Ramadan dengan Dauroh Qur’an

Hot News

Hotline

Santri Hidayatullah Batam Semarakkan Ramadan dengan Dauroh Qur’an

dapurpena.com - Untuk menstandarisasi bacaan Qur’an agar sesuai dengan ilmu tajwid,  Asrama Putra Hasan Maricar, Kampus I Hidayatullah Batam mengadakan kegiatan dauroh Qur’an Tahfidz dan Tahsin.

Kegiatan dauroh Al-Qur’an dimulai dari tanggal 2-16 Ramadan 1439 H.Bertempat di kampus pesantren itu. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 45 orang peserta yang terdiri dari santri tingkat SMP dan SMA.

Selesai mengikuti kegiatan dauroh Qur’an, akan dilanjutkan lagi ujian hafalan terbuka. Tujuannya untuk menguji dan mengevaluasi sejauh mana kualitas santri dalam menghafalkan Qur’an.

Dalam acara penutupan dauroh Al-Qu’an, Muhammad Maulana, S.Kom. selaku ketua panitia memberikan motivasi kepada para santriwan agar terus menerus memelihara Qur’an dalam kehidupannya sehari-hari.


“Jika antum sekalian para santri mampu menjadikan Al-Qur’an bersemayan dalam diri kalian, maka hidup antum akan tenang. Oleh karena itu sesibuk apapun aktivitas yang kalian tekuni, jangan pernah lupa untuk  membaca Al-Qur’an. Jangan pernah putus asa, teruslah berusaha yang sungguh-sungguh dan kerja keras. Niscaya Allah akan memberikan balasan yang setimpal atas usaha antum sekalian,” ungkap pria yang juga kepala kepengasuhan tersebut.

Kemudian turut hadir juga Ustad Fathun Qoriib, beliau adalah salah satu putra pendiri Hidayatullah. Di sela mengisi kegiatan penutupan dauroh itu dengan semangat menggebu-gebu mengingatkan kepada para santri agar di bulan suci ramadan harus bisa mengoptimalkan waktunya dengan banyak belajar membaca Qur’an. “Ulama seperti Imam Syafi’i saat berusia enam sampai tujuh tahun sudah mampu menghafal Qur’an. Maka ambillah nila-nilai spirit yang telah dicontohkan oleh para ulama terdahulu,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut berakhir dengan penganugerahan hadiah kepada santri yang  mampu mencapai target hafalannya dan mencapai standar Tahsinul Qur’annya. Santri tersebut bernama Miftahul Rizki dan Khairul, yang saat ini sama-sama menimba ilmu di SMP Lukman Al-Hakim 01 Hidayatullah Batam.



Reporter: M. Hamka Syaifudin
Foto: Fattah



This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.