Artis Baru Itu Bernama Tik Tok

Hot News

Hotline

Artis Baru Itu Bernama Tik Tok





Oleh: Sunarti

Lagi, kecanggihan teknologi dalam aplikasi seluler bikin heboh jagat maya. Tik Tok, begitu sebutannya. Aplikasi yang satu ini sekarang sedang merambah pada seluruh pengguna media maya. Mulai dari anak-anak, emak, bapak hingga kakek nenek. Dari kalangan artis di metropolitan hingga anak gembala di persawahan. Semua dilanda demam Tik Tok. Memang aplikasi ini cukup membuat para pengguna sosmed terbawa pada suasana lain. Hingga membuat keasikan tersendiri dalam membuat, mengunggah maupun menikmatinya.

Dengan dukungan dari perusahaan teknologi kecerdasan, ByteDance membuat Tik Tok dapat memahami keinginan dan hal yang sering dilakukan pengguna. Sehingga membuat pengguna dapat melakukan sugesti yang baik. Selain itu, Tik Tok sendiri dapat melakukan pengenalan wajah dengan kecepatan tinggi. Yang akan disugestikan pada fitur wajah yang menarik, seperti ekspresi imut, keren, konyol dan memalukan.

Di sisi lain, Tik Tok memberikan spesial efek yang beraneka ragam. Video pendek akan menarik karena hadir dengan efek yang dapat digunakan secara instan. Latar belakang musik juga disediakan dalam aplikasi Tik Tok. Pengguna tinggal memilih berbagai musik dari artis-artis terkenal. Dari berbagai kategori Dance, DJ, R&B,  Addict ,Western dan lainnya. Yang nantinya musik tersebut akan disesuaikan dengan situasi video . 

Tak heran memang. Kecanggihan ini adalah sebuah perubahan besar dunia teknologi. Merambah pada setiap wajah yang berhadapan dengan benda gepeng bernama seluler. Berbagai tingkah laku orang-orang yang berada di dalamnya akan mempengaruhi para penikmatnya. Tidak secara keseluruhan, memang. Namun, dari sekian hasil karya Tik Tok sudah mempengaruhi berjuta-juta orang. Tingkah laku para fans berat akan berubah total demi idolanya. Tidak hanya perilaku baik, perilaku burukpun akan dia tempuh. "Kedanan" begitu kata orang Jawa. Tergila-gila dengan idolanya. 

Sebut saja Tik Toknya Bowo, sudah ribuan fansya. Bowo alias Prabowo Mamdardo dalam sekejap jadi trending topik di medsos. Bocah SMP ini disebut-sebut sebagai bintang Tik Tok.(tribun-medan.com). Ada lagi yang viral di jagat maya adalah Tik Tok seorang bidan yang memainkan wajah bayi. Kali ini video yang memperlihatkan seorang tenaga medis memainkan wajah seorang bayi viral di medsos. Namun, hal ini justru menuai kecaman. (tribunpekanbaru.com).

Perubahan pemikiran, sikap dan perilaku, akan mengalir deras seiring penyebaran virus Tik Tok. Hal ini akan terus mengalir di jagat sosmed. Pengaruh baik dan buruk, akan segera merambah para pengguna dan penikmat sosmed.

Bijak dalam menggunakan fasilitas seluler hendaknyalah menjadi poin penting. Pengguna sosmed seharusnya tidak latah mengikuti segala hal baru. Kembalikan tingkah laku pada standar syara'. Meskipun dalam penggunaan seluler beserta aplikasinya adalah perbuatan yang mubah, namun dituntut juga untuk bijak. Mana yang benar-benar menjadi tuntunan atau hanya sekedar tontonan.

Dalam aktifitas ini, kembalikan semua pada hukum asal perbuatan. Sebagai muslim standar perbuatan yaitu kembali pada hukum syara' (syariat Islam). Jika menurut syara' itu buruk, maka di mata Allah itu perbuatan buruk. Dan perbuatan yang buruk bagi syara', harus dihindari dan ditinggalkan. Demikian juga sebaliknya. Jika perbuatan baik menurut syara', maka di mata Allah, itu perbuatan baik. Dan perbuatan ini wajib dan boleh untuk dilaksanakan. 

Dalam fenomena Tik Tok,  juga dikembalikan pada standar syara'. Demikian juga sisi positif dan negatifnya. Bukan larut dengan kebiasaan orang banyak. Pemanfaatan teknologi juga disikapi dengan standar syara'. Pemanfaatan terhadap benda yang mubah memang tiada dosa. Namun, pemanfaatan benda mubah untuk aktifitas haram, maka haram atas perbuatan atau aktifitasnya. Jadi berhati-hatilah dalam pemanfaatan seluler atau benda elektronik canggih lainnya.  Tidak benar jika turut larut dalam aliran deras Tik Tok yang mengarah kepada kemaksiatan. Meskipun hanya sebatas perkataan dan tingkah laku di dunia sosial media. Seluruh aktifitas di dunia nyata maupun di dunia maya, akan dimintai pertanggungjawaban kelak di akhirat. Wallahu 'alam 



Penulis adalah seorang ahli kesehatan
Editor: Lulu W

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.