Ketika Si Kecil Sakit

Hot News

Hotline

Ketika Si Kecil Sakit




Oleh : Vivi Nurwida 


Setiap orang tua pasti merasa cemas ketika buah hatinya dilanda rasa sakit. "Umik,umik...", sedikit-sedikit itulah yang terucap dari bibir mungilnya. Ya, ketika si kecil merasa sakit, lemas tak berdaya, ibulah tempat yang paling dibutuhkannya, ibulah satu-satunya seseorang yang ia inginkan untuk selalu ada.


Rumah yang selalu berantakan oleh mainan anak yang berantakan mendadak menjadi rapi. Suara tawa riang menghilang berganti dengan rintihan-rintihan lirih juga tangisan yang sedikit-sedikit pecah. Senyuman manis dari bibirnya tersimpan dengan rapi. Ah, hati ibu mana yang tak tersayat melihat keadaan darah dagingnya lemah tak berdaya.


Namun sebagai ibu kita tidak boleh terlalu terbawa pada suasana hingga kita lupa bagaimana penanganan yang tepat ketika si kecil dilanda sakit, dan menjadikan kewajiban-kewajiban lain ikut terbengkalai. Berikut ini tips yang bisa bunda gunakan ketika si kecil sakit:

1. Tenang dan jangan panik
Ikatan emosional antara ibu dan anak itu sangatlah kuat. Jadi ketika kita panik, gelisah secara tidak langsung anak akan semakin rewel. Dan ibu akan bingung menentukan tindakan apa yang akan dilakukan. 

2. Makan dan minum yang cukup
Ketika anak sakit, pasti nafsu makan akan sangat berkurang. Pastikan bunda mengontrol gizi yang masuk pada anak. Beri makan dan minum yang cukup. Bunda bisa membuatkan makanan favoritnya dengan sekreatif mungkin dalam porsi kecil. Berikan ia pujian dan motivasi positif agar mau makan dan minum yang cukup, bukan dengan ancaman. 

3. Obat
Penting sebagai ibu menyiapkan obat-obatan seperti oralit, obat penurun panas, betadine dan sebagainya juga herbal seperti madu untuk jaga-jaga ketika diperlukan.

4. Periksa gejala
Ibu harus multi talenta. Bahkan ia bisa menjelma menjadi dokter dan perawat ketika keluarga sakit. Mengetahui gejala, penanganan serta kapan anak harus dibawa ke dokter. Ibu harus tanggap dan jeli.

5. Sentuhan
Sentuhan ibu menenangkan, menguatkan. Berikan sentuhan kasih sayang di bagian-bagian tubuh yang dirasa sakit oleh anak-anak selama beberapa menit akan membuat mereka merasa sedikit lebih tenang, karena merasa ibu selalu ada untuknya.

6. Hiburan
Ketika si kecil sakit pasti ia merasa bosan karena tidak bisa seaktif ketika sehat. Jadi sebagai orang tua kita harus pandai-pandai menghiburnya. 

7. Doa
Doa adalah senjatanya orang Muslim. Bersama dengan ikhtiar yang kita yang lakukan, tentu kita harus mengiringinya dengan doa. Karena Allah adalah sebaik-baik penolong, dan Allah yang Maha Menyembuhkan.
    
Demikian sedikit tips yang bisa bunda gunakan ketika menghadapi si kecil sakit. Kesabaran, ketaletenan dan kasih sayang adalah hal yang harus selalu ada. Semoga kita bisa cepat memberikan penanganan yang tepat dan bisa meriayah kesehatan anak-anak dengan baik, sehingga anak cepat sehat dan cepat beraktivitas. Ketika sehat anak-anak akan mudah beribadah. Muslim yang kuat lebih dicintai Allah. Hal itulah yang harus kita tanamkan pada diri dan anak-anak kita agar terlahir generasi-generasi yang tangguh.



Penulis adalah Member Akademi Menulis Kreatif
Editor: Lulu W

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.