Remaja Taat: Jauhi Maksiat Ingat Akhirat

Hot News

Hotline

Remaja Taat: Jauhi Maksiat Ingat Akhirat





Oleh: Lilih Solihah  


Sobat, hidup ini kalau tidak maksiat ya taat. Yang dimaksud taat adalah melakukan aktivitas yang bernilai ibadah. Taat berbuah pahala. Yaitu kita melakukan yang diperintahkan oleh Allah SWT. Sedangkan jika melakukan maksiat, bukannya mendapatkan pahala malah justru mendapat dosa. Karena melanggar larangan Allah. 

Allah itu Maha Baik, Allah menyembunyikan aib kita selama di dunia. Dosa kita selama ini ditutup oleh Allah. Bayangkan jika dosa kita terlihat, pasti tidak ada yang mau berbuat maksiat. Karena malu. Terkadang kita sering merasa berbuat salah misal suka bohong terhadap orang tua, mengganggu teman, meminjam barang teman tanpa izin hingga melakukan ghibah (membicarakan keburukan orang).

Kita juga sering melakukan maksiat contoh, meninggalkan salat yang lima waktu. Padahal ibadah yang paling pertama dihisab adalah salat. Tidak melaksanakan puasa Ramadan tanpa uzur syar'i, tidak patuh terhadap perintah orangtua dan tidak menutup aurat bagi muslimah yang sudah baligh. Padahal menutup aurat itu bukan hanya ketika kita sedang salat saja. Tapi di luar itu kita harus menutup aurat. Apalagi saat keluar rumah bertemu dengan non mahram. Wajib menutup aurat sesuai Alquran (surat An-Nur: 31 & Al-Ahzab: 59)

Sobat, untuk menjadi pribadi yang taat itu tentu banyak rintangannya. Zaman now semua serba canggih. Semua serba ikut ikutan tren. Ketika tren tik tok, ikutan gaya tik tok. Di saat tren challenge ikutan gaya challenge. Kita jangan terbawa arus seperti itu. Bisa-bisa menjerumuskan kita pada maksiat 

Sebenarnya ikut tren seperti itu tidak ada manfaatnya. Hanya kesenangan sesaat saja. Padahal tujuan hidup kita di dunia ini hanyalah untuk ibadah kepada Allah. Maka sudah bukan saatnya ikut tren yang tidak berfaedah. Tak apa jika dikatakan ketinggalan jaman, karena tujuan hidup kita hanya akhirat. 

Semua orang tujuannya sama, pasti ingin masuk surga. Tapi untuk bisa masuk ke sana tak mudah ya sobat. Seperti kita mau lulus Ujian Nasional saja, kita perlu bimbingan belajar hingga privat. Apalagi jika kita mau meraih surga. Godaan itu pasti ada, dan kita harus menahan diri dari kesenangan yang bersifat sementara. Misalkan kita punya pacar. 

Supaya kita menjadi pribadi yang taat seringlah ikut kajian keislaman. Karena akan menambah ilmu dan teman yang taat. Karena seorang teman adalah cermin bagi yang lainnya. Maka carilah teman yang salihah yang mengajak kita pada kebaikan. In syaa allaah bisa menguatkan satu sama lain dan mudah-mudahan menjadi teman di dunia dan di surga nanti, 

Jika kita sudah menemukan teman yang salihah peganglah erat-erat mereka. Karena nasihatnya membantu kita mencapai surga. Bahkan terkadang teman yang kita anggap menyebalkan, karena selalu mengajak pada kebaikan itu, justru yang menyelamatkan kita di akhirat. Teman yang baik itu teman yang selalu mengajak kita pada ketaatan bukan mereka yang selalu mengiyakan pada kemaksiatan 

Sobat, kita harus bisa menilai mana yang maksiat mana yang taat maka dari itu seringlah ikut mengkaji Islam supaya membuat hidup kita jauh lebih bermakna. Jadilah remaja yang taat jauhi maksiat dan selalu ingat akan Akhirat, karena kita diciptakan oleh Allah. Tujuan hidup kita untuk beribadah kepada Allah, dan setelah mati pun akan kembali kepada-Nya pula. Wallahua'lam bish-shawab. 



Penulis adalah komunitas revowriter Karawang
Editor: Lulu W

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.