Metamorfo-self

Hot News

Hotline

Metamorfo-self



Oleh; Siti Rahmah

Muharram yang didaulat sebagai bulan pertama dalam penanggalan hijriyah menjadi pertanda masuknya tahun baru dalam Islam. Sebelum penanggalan hijriyah ditetapkan, masyarakat arab dahulu menjadikan peristiwa-peristiwa besar sebagai acuan tahun. Tahun renovasi ka'bah misalnya, karena pada tahun tersebut ka'bah direnovasi ulang akibat banjir. Tahun fiil (gajah) karena saat itu terjadi penyerbuan ka'bah oleh pasukan bergajah. Oleh karena itu kita mengenal tahun kelahiran Rasulullah saw dengan tahun gajah. Sistem penanggalan seperti ini berlanjut sampai ke masa Rasulullah saw dan Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq ra. 

Barulah di masa  khalifah Umar bin Khaththab ra, ditetapkan kalender penanggalan hijriyah yang menjadi pedoman penanggalan kaum muslimin. Para sahabat bermusyawarah untuk menetapkan patokan awal tahun, muncul beberapa usulan dari para sahabat. 

Ada yang mengusulkan penanggalan dimulai pada tahun diutus Nabi saw. Ada juga yang mengusulkan dimulai dari tahun hijrahnya Nabi saw ke kota Madinah. Usulan ini disampaikan oleh sahabat Ali bin Abi Thalib ra. Hati Umar ternyata condong pada usulan ini.

"Peristiwa hijrah menjadi pembeda antara yang benar dan yang batil, jadikanlah  ia sebagai patokan penanggalan." Kata Umar bin Khattab ra. Akhirnya para sahabat  sepakat untuk menjadikan peristiwa hijrah sebagai acuan tahun.

Inspirasi Hijrah
Kilasan sejarah menunjukan momentum hijrah sebagai moment perubahan yang membedakan antara kebenaran dan kebatilan. Sehingga tahun baru hijriyah memiliki filosofi yang mendalam bagi kaum muslim. Bukan hanya sekedar berganti tahun, tapi pesan perubahan yang mendasar yang menjadi titik penting dalam proses hijrah. Sebagaimana yang pernah dicontohkan dalam proses perjalanan hijrah Rasululloh dan para sahabat.

Pesan perubahan ini pula yang harusnya menjadi pemantik bagi muhajirin jaman now. Perubahan mendasar yang membuat kita mampu bermetamorfo-self secara menyeluruh. Tidak cukup hanya sekedar berubah penampilan tapi hijrah demi meraih perubahan dalam segala aspek kehidupan.

Perubahan itu memang tidak selalu menjanjikan kesenangan, perubahan juga tidak melulu menawarkan kebaikan. Tapi perubahan akan senantiasa menawarkan perbaikan. Jika diamati bagaimana proses metamorfosisnya ulat menjadi kupu-kupu. Ada proses sulit yang harus dijalani, ada sakit yang harus dilewati. Namun ada penawar keindahan yang bisa kita saksikan.

Begitupun dengan proses perubahan manusia. Ada sulit yang harus dihadapi, ada perih yang harus dilewati namun jika semua mampu dilalui maka kebahagiaan hasil dari perubahan itu akan dirasakan. Karena ketaatan senantiasa berbuah kebahagiaan dan kemaksiatan akan senantiasa berbuah penderitaan.

Hijrah Ke-Kinian
Ramainya gelombang hijrah yang melanda kaum muslimin saat ini tidak terkecuali remaja sebagai angin segar dalam kehidupan. Buah dari kesadaran akan wajibnya hidup terikat dengan hukum Islam sebagai konsekuensi dari keimanannya. Hanya saja perlu kiranya ada upaya dalam menjaga nuansa hijrah agar bisa istiqomah.

Upaya menjaga spirit hijrah bukanlah hal mudah, apalagi ketika kita berada di lingkungan yang tidak mendukung untuk iklim keislaman kita. Sehingga yang perlu diperjuangkan adalah mewujudkan iklim yang bisa membuat kita nyaman dalam menempuh jalan hijrah. Iklim yang cocok bagi kaum muslim adalah penerapan aturan Islam sebagai penjaga keistiqomahan. Dengan diterapkan aturan Islam maka hijrah yang terjadi bukanlah hijrah sendiri tapi hijrah secara bersama-sama. Sebagaimana istiqomahanya penduduk Mekah ketika berhijrah ke Madinah karena di Madinah Nabi Saw menerapkan langsung aturan Islam secara keseluruhan.

Begitupun dengan kondisi saat ini yang mampu membuat kita berpijak kokoh dan kuat selain adanya sahabat juga adanya lingkungan yang kondusif dan penerapan aturan Islam. Dengan begitu hijrah akan mampu merubah kita menjadi muslim seutuhnya. Wallahu 'alam.


Editor: Lulu W




This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.