Remaja Hijrah, Cinta Islam

Hot News

Hotline

Remaja Hijrah, Cinta Islam




Oleh: Lulu

Apa kabar remaja muslim, remaja Islam tangguh harapan umat. Kita memperingati tahun baru Hijriyah ya. Saatnya mengembalikan semangat hijrah, dari kegelapan menuju terang, dari kekufuran menuju iman. Membuang segala hal yang menjauhkan kita dari ridho Allah Ta'ala, siap kan?

Fenomena hijrah, tampak pada sejumlah artis muda ibukota. Merubah penampilan mereka yang semula tidak islami menjadi islami. Mempelajari Islam dengan mendatangi kajian. Membentuk kelompok pengajian rutin. Bahkan ada yang memberanikan diri untuk mengisi kajian atau sebagai motivator. Perubahan yang terjadi pada artis idola, mempengaruhi penggemar mereka.

Begitu pun terjadi pada beberapa teman-teman kita. Hijrah, merubah penampilan. Yang semula tidak berkerudung, menjadi berkerudung dan berjilbab. Yang semula malas menghadiri majlis ilmu, sekarang bersemangat menjadi pembela Islam. Hijrah untuk menggapai kasih sayang dan ridho Allah. 

Berikut beberapa panduan bagi remaja muslim ketika akan hijrah:

1. Niat.
 Luruskan niat hijrah hanya karena Allah. Bukan karena seseorang atau sesuatu. Karena niat pada selain Allah, mudah sekali bergeser dan akhirnya hilang. 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan. Maka barangsiapa hijrahnya kepada Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan rasul-Nya. Dan barangsiapa hijrahnya karena dunia yang ingin ia dapatkan atau mendapatkan wanita yang ingin ia nikahi, maka hijrahnya kepada apa yang ia inginkan itu.” [HR. Bukhari-Muslim]

2. Ikuti majlis ilmu. 
Hadir ke kajian-kajian keislaman akan memperkaya tsaqofah kita. Dengan ilmu maka kita bisa beramal salih. Mengetahui dengan pasti hal apa saja yang datang dari Islam, dan mana yang bukan. Karena ilmu adalah cahaya. 

Sebagaimana firman Allah:
"Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan . Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan  Allah mengeluarkan mereka dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.”
[QS.Al-Maidah:15-16]

Dengan berilmu maka kita semakin yakin terhadap kemuliaan ajaran Islam. Sehingga langkah kita pasti saat mengembannya. Menggali ilmu harus terus dilakukan sepanjang usia kita. Terutama ilmu yang berkaitan dengan Islam.

3. Berteman dengan orang salih. 
Mencari lingkungan yang kondusif, agar keimanan kita tetap terjaga. Teman yang salih akan selalu mengajak kita kepada yang ma'ruf, mencegah yang munkar. Mereka juga senantiasa membuat kita termotivasi untuk beramal salih.

Allâh Azza wa Jalla berfirman:
Dan bersabarlah kamu bersama dengan orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan di senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya. Dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka karena mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini. Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas” 
[Al-Kahfi/18: 28].

4. Sabar. 
Sabar terhadap kondisi hijrah yang baru. Sabar terhadap hilangnya berbagai kesenangan yang melenakan, yang menjauhkan kita dari Islam. Sabar terhadap berbagai cemoohan yang muncul dari orang-orang saat menyaksikan proses hijrah kita. 

Sebagaimana firman Allah:
 "Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman): "Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orangorang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu ada lah keturunan dari sebagian yang lain. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berpe rang dan yang dibunuh, pastilah akan Kuhapuskan kesalahan-ke salahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik." [Q.S Ali Imran:195].

5. Mohon pertolongan pada Allah. 
Ini adalah perkara yang tidak kalah pentingnya. Memohon pertolongan Allah. Tidak ada satu pekerjaanpun yang akan berjalan sempurna tanpa kasih sayang Allah. Kekita kita memohon Allah mudahkan proses hijrah, maka niscaya jalan kemudahan akan terbuka lebar.

Yaa Muqollibal quluub, tsabbit qolbii 'alaa diinik Artinya : Wahai Dzat yang Maha membolak-balikkan hati, tetapkanlah hati kami di atas agamaMu.
 [HR. At-Tirmidzi 3522, Ahmad IV/302, Al-Hakim I/525. Lihat Shohih Sunan At-Tirmidzi 2792].

Selamat berhijrah ya. Semoga dengan banyaknya remaja muslim yang hijrah, akan semakin cepat kita menyongsong kebangkitan umat. Allahu akbar!



Penulis Pemerhati Remaja Muslim
Editor: Dwi R

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.