Yuk, Berhijrah

Hot News

Hotline

Yuk, Berhijrah




Oleh Umfaristi*

Kata hijrah biasanya digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang baik. Berhijrah dari satu tempat yang kurang baik, ke tempat yang lebih baik. Berhijrah dari kondisi diri yang kurang baik, menjadi pribadi yang lebih baik,dan sebagainya. Peristiwa hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw pun adalah berpindahnya beliau dan para sahabat, dari Makkah ke Madinah.

Apakah waktu itu Madinah lebih baik dari Makkah? Tentu iya. Karena di Madinah-lah Rasul Saw. Dapat merealisasikan penerapan Islam kaffah, melalui berdirinya negara (daulah) Islam. Setelah di Makkah kaum muslimin mendapatkan tekanan yang luar biasa dari kaum kafir, tentu kondisi Madinah adalah jauh lebih baik. Kaum muhajirin meninggalkan segala harta benda milik mereka di tanah tumpah darah mereka, Makkah, dan datang ke Madinah tanpa punya apa-apa. Apakah itu lebih baik? Tentu iya. Karena di Madinah keimanan mereka terjaga. Dijaga dan ditumbuhsuburkan oleh negara.

Demikianlah hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah Saw dan para sahabat beliau yang harus kita contoh. Kita jadikan teladan dalam kehidupan kita. Kehidupan yang kini jauh dari nilai-nilai keislaman, jauh dari kesejahteraan. Bahkan bagi kaum muslimin, kehidupan saat ini, jauh dari kemuliaan. Di berbagai penjuru dunia, kaum muslimin hidup dalam keterpurukan. Harus ada perubahan agar kaum muslimin kembali meraih kemuliaannya. Kemuliaan Islam, hanya akan tampak ketika Islam dilaksanakan secara kaffah.

Oleh karena itu, dengan semangat hijrah Rasulullah saw, semoga tahun 1440 Hijriah yang baru kita masuki ini menjadi momentum untuk kita berhijrah. Meninggalkan sistem demokrasi, sistem sekuler yang membuat kaum muslim terkungkung dalam hegemoni kapitalis dan neoliberal. Berjuang menegakkan Islam kaffah, dalam bingkai khilafah Islamiyah.


penulis adalah ibu rumah tangga, tinggal di Tulungagung,  Jatim
Editor: Lulu W

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.