GAUNGKAN TERUS SEJARAH DAN SANTRI

Hot News

Hotline

GAUNGKAN TERUS SEJARAH DAN SANTRI




Dapurpena.com-Daik Lingga, Santri Pondok pesantren Nurul Qur’an Hidayatullah menyelenggarakan acara hari peringatan santri Nasional di kelurahan Daik Lingga, Senin (22/10/) pagi.

Acara di gelar dengan sederahana dan berpusat di mushollah Aqhsol Madinah, Daik Lingga itu menghadirkan ketua MUI kabupaten Lingga , dewan guru, santri serta siswa-siswi SDII Luqman Al Hakim.
Hari santri nasional ini diperingati untuk mengambil semangat dari para santri dulu yang berjuang melawan penjajahan belanda yang di pimpin oleh Jendral Aulbertin Walter Sothern Mallaby. ungkap ketua MUI, Ustad Badi’ul Hasan selaku penceramah.

“Mengapa hari santri harus di peringati pada 22 oktober? Tentu banyak kalangan yang bertanya-tanya. Ternyata tanggal tersebut berkaitan langsung dengan peristiwa berdarah ketika bangsa Indonesia berjuang mempertahankan kemerdekaannya. Peristiwa tersebut adalah deklarasi resolusi jihad. “Hubbul wathan minal iman” oleh KH Hasyim Asy’ari beserta para santri dan masyarakat jawa timur. Ungkap pria kelahiran nganjuk , Jawa timur tersebut.

Santri memiliki makna tersendiri, San berarti insan atau manusia yang memili tiga pokok landasan yaitu Tri (Iman, Islam dan Ihsan) yang bermakna santri harus punya perilaku dan tata krama yang baik, serta giat slelau dalam menimba ilmu. Tempat terbaik insan yang bergelar santri adalah pondok pesantren, bukan di sekolah ataupun di rumah. Jadi, terus gelorakan semangat belajar terutama sejarah agama dan perjuangan bangsa indonesia. Lanjut pria lulusan STAIN Kediri jurusan Tarbiyah tersebut.

Acara tersebut ditutup dengan kuis berhadiah. Santri pun begitu antusias menajwab pertanyaan-pertanyaan tersebut.


Reporter: M. Hamka Syaifudin
Editor: Dwi R

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.