Remaja Anti Maksiat

Hot News

Hotline

Remaja Anti Maksiat


Oleh: Choirin Fitri (Pemerhati Remaja Kota Batu)

Makin hari kemaksiatan di kalangan remaja terus merajalela. Kesyirikan pun kini telah menjadi ikonnya. Bagaimana tidak, tersiar kabar sebelum terjadinya gempa dan tsunami di Palu ada ratusan remaja yang melalukan tarian aneh untuk memanggil roh-roh nenek moyang. Padahal jelas ini ritual syirik alias menyekutukan Allah yang tak pantas dilakukan. 

Pergaulan bebas pun kini masih digandrungi remaja. Berbagai tempat umum di sudut-sudut kota dan desa menjadi tempat favorit mereka. Bahkan, banyak pula yang menjadikan rumah, villa, ataupun hotel sebagai tempat mangkal untuk melakukan seks bebas. 

Miras dan narkoba pun masih menjadi konsumsi yang nikmat bagi kawula muda. Mereka merasa keduanya adalah suplemen wajib ketika menikmati masa muda. Rasanya jika kemaksiatan-kemaksiatan ini terus dilakukan oleh kawula muda, negeri ini pelan tapi pasti akan kehilangan penerus peradabannya. Tak ada lagi pemuda yang peduli terhadap masa depan negeri. Tak ada lagi pemuda yang layak memimpin negeri. 

Miris. Amat miris. Maka, hindari maksiat sebelum terlambat! Ini sedikit tips yang bisa dipilih kaum muda agar terhindar dari maksiat: 

1. Burulah Ilmu
Manusia tak akan hidup layak tanpa ilmu. Mulianya manusia tergantung seberapa banyak ilmu yang ia genggam dan terapkan. Maka, memburu ilmu terutama ilmu tentang Islam tak akan membuat rugi. Bahkan, akan menjauhkan para pemuda dari keterperosokan moral akibat tidak tahu halal haram.

2. Perkuat iman
Iman adalah pondasi kehidupan. Iman yang mantap akan membuat hidup lebih terarah. Bahkan, iman yang kuat inilah yang akan membuat para pemuda berpikir ribuan kali untuk melakukan kesyirikan maupun maksiat. 

3. Jauhi maksiat
"Jangan bermain api kalau tidak mau terbakar!" Pepatah ini amat cocok digunakan oleh remaja agar ia tak terkena percikan kemaksiatan. Jauhi maksiat apapun bentuknya. Jika ada yang menawari ini itu dan sudah tahu hal itu dilarang Allah, lebih baik menghindar. Tak perlu dekat-dekat pula dengan tempat berkumpulnya ahli maksiat. 

4. Cari teman taat
Teman itu ibarat cermin. Jika memiliki teman baik, kita akan menjadi baik. Sebaliknya, jika teman kita ahli maksiat, suka tidak suka pun kita akan tertular. So, mencari teman taat adalah salah satu kunci agar kita tak terjerembab ke lubang maksiat. Teman taat inilah yang akan mengajak dan mengingatkan kita agar sentiasa berada di jalan Allah. 

5. Bentengi diri dengan doa
Doa adalah senjata seorang muslim. Jika ia ingin membentengi dirinya dari maksiat, doa amat penting ia panjatkan. Berdoalah pada Rabb semesta alam agar Dia mau menjaga kita dari melanggar aturan-Nya. Agar Allah senantiasa menapakkan kaki kita di jalan-Nya. Agar Allah pula menjadikan kita para perindu surga. 

Semoga dengan beberapa tips ringan ini para remaja memiliki panduan agar hidupnya lebih terarah!




Penulis adalah pemerhati remaja
Editor: Lulu W

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.