Dakwah; Mengajari Banyak Hal

Hot News

Hotline

Dakwah; Mengajari Banyak Hal




Oleh: Yuyun Suminah 


Dakwah adalah bukti cinta yang mendalam kepada sesama manusia. Sebab dakwah adalah seruan agar manusia berada di jalan Allah SWT. Aktivitasnya menyampaikan ilmu Allah seberapa pun besar dan kecil kemampuan yang kita miliki Allah perintahkan kita untuk menyampaikannya. Dakwah mengajari banyak hal kepada manusia karena dakwah mengajari cinta. 

Seperti yang disampaikan oleh Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berikut ini, di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari no. 13 dan Muslim no. 45).

Rasulullah mengajarkan cinta tidak hanya kepada sesama manusia tapi cinta kepada semua makhluk Allah meliputi tumbuhan dan hewan. Jadi mengingatkan kita kepada dakwah spektakuler pada aksi 212 di Jakarta beberapa waktu lalu, para jamaah dengan kesadarannya sendiri untuk tidak menginjak rumput, tidak saling dorong, tidak membuang sampah sembarangan dan lainnya, justru yang ada saling berbagi satu sama lain penuh dengan ketertiban, wajah-wajah tulus mereka melakukan itu semua. Bukankah itu karena cinta?

Dakwah banyak mengajari rasa peduli bukan hanya kepada satu suku, satu bahasa dan satu bangsa tapi jauh dari itu dakwah bisa lintas suku, budaya, bahasa dan negara tak peduli dipisahkan oleh benua dan samudra. Seperti firman Allah yang artinya “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. (TQS. al-Hujurat: 13).

Justru perbedaan tersebut untuk membuat kita saling mengenal dan mencintai bukan untuk membenci dan memusuhi. Dakwah mengajari rasa peka, peka terhadap kesusahan orang lain, peka ketika sodara kita sakit dan peka ketika melihat kemaksiatan meraja rela seperti maraknya pergaulan bebas, sex bebas, aborsi, 7ge6te, dan lain-lain. Selalu ingin menyampaikan kepedulian kita dengan memberikan solusi-solusi yang sudah Allah berikan.

Dakwah mengajari kita untuk tidak memikirkan diri sendiri, sibuk dengan urusan sendiri, meratapi kesusahan diri sendiri padahal di luar sana ada yang lebih jauh kesusahan, seperti kelaparan, tertekan akibat penguasa yang zalim dan tak punya tempat untuk berteduh bahkan nyawa mereka pun tak bisa jamin bisa selamat. 

Padahal Islam itu satu seperti sabda Rasulullah “Perumpamaan kaum mukmin dalam sikap saling mencintai, mengasihi dan menyayangi. Seumpama tubuh, jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan susah tidur atau merasakan demam.” [HR. Muslim].

Itulah sejatinya umat yang satu, Tuhannya satu, kitab sucinya satu, Rasulnya pun satu dan akidah kita sama yaitu Islam jadi ketika saudara kita ada yang sakit, teraniaya dll kita bisa merasakan gelisah, susah tidur, dan tidak nyaman. Karena dakwah mengajari  menyatukan perbedaan berbangsa dengan Ikatan satu yaitu umat muslim. Wallahua'lam.



Yuyun Suminah (Komunitas Karimah Cikampek)
Editor Lulu

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.