Jebakan Gaya Hidup Bebas

Hot News

Hotline

Jebakan Gaya Hidup Bebas


Oleh Nawfa Andini 
(Revowriter Karawang)


Blackpink, girl band asal Korea Selatan menjadi viral di Indonesia. Setelah hadir pada acara Konser bersama Shopee Road to 12.12 Birthday Sale pada 19 November 2018 lalu. Kata kunci 'Blackpink' terus menjadi trending di Indonesia. Apalagi setelah mereka mengumumkan akan kembali ke Indonesia untuk menggelar konser pada Januari 2019 mendatang.

Dengan hadirnya Blackpink pada acara Shopee tersebut, mereka secara resmi telah menjadi Brand Ambassador Shopee di Indonesia. (tirto.co)
Iklan Blackpink Shopee yang diputar berulang-ulang dalam setiap iklan di hampir seluruh saluran stasiun televisi ini menuai pro dan kontra dari kalangan masyarakat. Belum lama ini, tepatnya Jumat (7/12) muncul petisi pada change.org dengan judul "Hentikan Iklan Blackpink Shopee!!" atasnama Maimon Herawati. Hingga hari ini (Rabu, 12/12) petisi tersebut telah ditandatangani lebih dari 118.000.

Maimon Herawati menilai, "sekelompok perempuan dengan baju pas-pasan. Nilai bawah sadar seperti apa yang hendak ditanamkan pada anak-anak dengan iklan yang seronok dan mengumbar aurat ini? Baju yang dikenakan bahkan tidak menutupi paha. Gerakan dan ekspresi pun provokatif. Sungguh jauh dari cerminan nilai Pancasila yang beradab."

Iklan Shopee yang menggunakan grup Korea Selatan, Blackpink ini, sering diputar pada program anak-anak. Satu film anak-anak bahkan memuat iklan ini setiap beberapa menit seperti Film Tayo do RTV, Jumat (7/12). Apa pesan yang hendak dijejalkan pada jiwa-jiwa yang masih putih itu? Bahwa mengangkat baju tinggi-tinggi dengan lirikan menggoda akan membawa mereka mendunia? Bahwa objektifikasi tubuh perempuan sah saja? Dilansir dari change.org dalam petisinya tersebut.

Blackpink menyedot perhatian terutama di kalangan muda-mudi pecinta K-pop dan bahkan anak-anak karena seringnya ditampilkan dalam iklan di hampir setiap saluran televisi. Bagaimana jadinya ketika pakaian minim nan seksi dengan tampilan paras rupawan nan menggoda kemudian itu yang ditonjolkan?

Yang ada akan mewarnai pola pikir masyarakat atau bahkan anak-anak bahwa bolehnya berpakaian seksi dan menampilkan mimik wajah menggoda. Yang menyayat hati sudah banyak anak-anak yang menirukan gaya blackpink dalam iklan. Sungguh fenomena ini menjadikan masyarakat tergerus budaya Barat yang bebas bablas dan menjauhkan masyarakat dari identitas Indonesia yang mayoritas umat Islam.

Kapitalisme Eksploitasi Tubuh Perempuan
Kapitalisme dengan sekularismenya (memisahkan agama dari kehidupan), memandang perempuan hanya sebatas komoditi barang dagangan. Sisi keindahan kemolekan tubuhnya dianggap objek dagang yang laku ketika dijual di pasaran. Peran perempuan dalam kapitalisme dianggap pangsa pasar yang sangat menggiurkan.

Di sisi lain, banyak muslimah yang terpana pada fatamorgana kapitalisme. Mereka terjebak dengan rayuan popularitas sementara. Padahal sejatinya, mereka terjerembab dalam kubangan sekularisasi yakni melenyapkan peran agama dalam hidupnya. Terkikis rasa malunya. Melenyapkan fitrah yang seharusnya menjaga kesucian dan kehormatannya.

Menomorduakan Allah sebagai Pencipta sekaligus yang Maha Mengatur alam semesta dan isinya. Ya, jelas di sini jika kapitalisme hanya menempatkan perempuan pada posisi sedemikian rendah. Inilah sesuatu yang ditonjolkan kapitalisme, yakni ekonomi kapitalis. Menghalalkan segala cara. Menjadikan perempuan hanya sebagai objek dagang.

Islam Muliakan Perempuan
Dikenal banyak orang, memiliki penghasilan yang wah, jor-joran mengubah penampilan agar terlihat kekinian. Style Korea atau ala Barat yang dijadikan kiblat fashion? Nampaknya banyak muslimah yang hari ini mulai tergerus zaman. Berlomba-lomba agar terlihat seperti idola. Fatamorgana kapitalisme yang melenakan. Justru akan membawa muslimah pada arus kegelapan. Terjerembab pada gaya hidup sekularisasi (memisahkan agama dari kehidupan). Merendahkan diri di hadapan Allah.

Islam sangat menjunjung tinggi harkat dan martabat perempuan. Islam menempatkan posisi perempuan pada kedudukan yang mulia. Sangat berbeda dengan kapitalisme sekuler. Islam memiliki seperangkat aturan yang menjaga kesucian dan kehormatan perempuan. Penjagaan ini dilakukan atas hukum-hukum syariat Islam yang khusus mengatur tentang perempuan. Seperti halnya Islam mengatur tata cara berpakaian seorang muslimah yang termaktub dalam firmanNya pada surat Al Ahzab ayat 59 dan surat An nur ayat 31.

Dan segala aturan khusus lainnya tentang perempuan. Jika dilaksanakan sepenuhnya, maka penjagaan itu akan terpancar. Ya, hanya sistem Islamlah satu-satunya yang mampu menempatkan perempuan pada kedudukan yang mulia. Semua itu bisa dirasakan tatkala segala aspek kehidupan diatur oleh aturan Islam. Begitu indah tatanan kehidupan jika peradaban Islam kembali dalam naungan sistem Islam. Wa'allahu a'lam bish showab.


Editor Lulu


Ilustrasi Tribunnews.com

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.