Khilafah Ajaran Islam Yang Menyelamatkan

Hot News

Hotline

Khilafah Ajaran Islam Yang Menyelamatkan





Oleh : Yuli mariyam
 ( IRT Member Akademi Menulis Kreatif ) 

Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar sedunia tentulah menjadi pertimbangan bagi negara adi daya, yang tidak menginginkan bangkitnya Islam dan bangkitnya kaum muslimin yang pastinya akan menjadi ancaman bagi mereka. Segala macam cara tentu dilakukan untuk membendung laju kebangkitan ummat , dari melabeli Islam dengan kekerasan sampai adu domba untuk mengkerdilkan Islam itu sendiri agar umat tak lagi menginginkan tegaknya Khilafah  sebagai institusi persatuan kaum muslimin dunia.

Ulama Lebanon Syeikh Zubair Utsman Al Ju'aid mengajak umat Islam di Indonesia tidak tergoda dengan sistem pemerintahan kekhalifahan karena di masa kini model pemerintahan itu justru bisa menyebabkan ketidakstabilan, Antaranews.com, (8/12).
"Jangan terpecah, terkecoh dan terpengaruh dengan rayuan untuk mendirikan negara khilafah atau bentuk negara selain saat ini," kata Syeikh Zubair dalam kesempatan peringatan Maulid Nabi Muhmmad SAW di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu 8 Desember 2018.
Ketua Organisasi Jamiat Al Amal Al Islamy Lebanon itu mengatakan Indonesia dengan sistem demokrasi saat ini sudah baik dalam mengakomodir nilai-nilai keislaman .


Benarkah Khilafah tak lagi relefan sebagai sebuah institusi ?

Keberadaan umat Islam hampir di seluruh belahan dunia bukanlah tidak berkaitan, kita bisa tengok tiap berita di media yang mengikhsas ketidakadilan pada diri kaum muslimin. Pembantaian di Palestina oleh zionis Israel, Yaman yang kelaparan akibat terisolasi, Rohingya yang terusir dari Myanmar, Intimidasi muslim Uighur Cina yang ingin beribadah bahkan pelabelan gerakan radikal  dan teroris pada diri kaum muslimin Indonesia yag menginginkan Syariah .

Semua malapetaka ini terjadi akibat kaum muslimin tak lagi mempunyai junnah atau tameng yang melindungi mereka dari ketercerai beraian sehingga mudah untuk di hancurkan selayaknya sabda Rosulullah SAW :
“Nyaris orang-orang kafir menyerbu dan membinasakan kalian, seperti halnya orang-orang yang menyerbu makanan di atas piring.” Seseorang berkata, “Apakah karena sedikitnya kami waktu itu?” Beliau bersabda, “Bahkan kalian waktu itu banyak sekali, tetapi kamu seperti buih di atas air. Dan Allah mencabut rasa takut musuh-musuhmu terhadap kalian serta menjangkitkan di dalam hatimu penyakit wahn.” Seseorang bertanya, “Apakah wahn itu?” Beliau menjawab, “Cinta dunia dan takut mati.” (HR. Ahmad, Al-Baihaqi, Abu Dawud).

Hadist di atas menggambarkan  keadaan kaum muslimin saat ini di mana sebagiannya adalah orang-orang yang takut mati sehingga tak akan memperjuangkan kehidupan kaum muslimin lain yang tertindas.

Islam solusi tuntaskan penderitaan umat

Meski khilafah adalah ide yang disampaikan kembali oleh gerakan Islam namun sejatinya Khilafah bukanlah ide baru, para ulama Ahlus Sunnah sepakat bahwa khilafah adalah ajaran Islam .

Sesungguhnya Imamah [Khilafah] adalah fardhu atau wajib atas umat untuk mengangkat seorang imam [khalifah], yang akan mengangkat bagi mereka [umat Islam] para hakim dan orang-orang kepercayaan (umana`), yang akan mengamankan tapal batas mereka, memberangkatkan para pasukan ke medan perang, membagikan fai` di antara mereka, serta menyelamatkan orang-orang yang dizalimi dari orang-orang yang menzaliminya.

Khilafah pada sejarahnya tidak mempermasalahkan toleransi, semua agama mendapatkan hak dan kewajibannya masing -masing, begitu juga dengan perlindungan hidup, kafir dzimmi atau orang kafir yang hidup dalam daulah Islam mendapatkan perlindungan layaknya kaum muslimin, 

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri tersebut beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (Qs. Al-A’raf: 96).
Wallahua'lam bi asshowab.

Editor Lulu

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.