Sistem Islam Solusi Tuntas Menyelamatkan

Hot News

Hotline

Sistem Islam Solusi Tuntas Menyelamatkan




Generasi Negeri Ini
Oleh : Lia Destia

Ketika zaman semakin maju, maka kita tidak bisa menolak akan kemajuan teknologi. Begitu pula soal kecanggihan media saat ini yang bisa menampilkan apa saja untuk memudahkan kehidupan manusia. Misalkan dalam menjual produk atau memberikan informasi. Tapi terkadang bisa juga hal-hal yang ditampilkan mengundang banyak kontroversi karena melanggar norma kesopanan misalnya seperti kabar girlband K-pop Blackpink yang membawakan iklan Shopee.

Dilansir dari jakarta.tribunnews.com (Sabtu, 15/12/2018) di mana muncul sebuah petisi yang diinisiasi oleh seorang perempuan bernama Maimon Herawati melalui Change.org. Maimon menembuskan petisi tersebut kepada Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI serta Shopee sendiri. Di dalam petisi itu tertulis bahwa para member Blackpink mengenakan pakaian yang terlalu minim serta menampilkan tarian yang mengumbar gerakan erotis. Maimon menyesalkan iklan seperti itu ditampilkan dalam program anak-anak.

“Apa pesan yang hendak dijajalkan pada jiwa-jiwa yang masih putih itu? Bahwa mengangkat baju tinggi-tinggi dengan lirikan menggoda akan membawa mereka mendunia? Bahwa objektifikasi tubuh perempuan sah saja?”  tanya Maimon dalam petisi tersebut.

Maimon juga menyinggung KPI yang seharusnya bisa mengatur iklan apa saja yang muncul dalam program anak-anak.
“Kami paham bahwa konsep watershed sulit diaplikasikan dalam jam siar di Indonesia sehingga tidak ada pembatasan kapan jam acara khusus anak, kapan acara khusus dewasa. Namun setidaknya KPI bisa mengatur jenis iklan yang ditayangkan pada program anak-anak,” tulis Maimon.

Persoalan diatas sebenarnya hanyalah satu contoh masalah yang dilahirkan akibat sistem sekularisme yang melekat pada bangsa ini. Di mana aturan agama tidak digunakan untuk mengatur seluruh sendi kehidupan. Bahkan sebenarnya bukan hanya iklan Shopee, masih banyak tayangan-tayangan lain yang menampilkan sinetron, penyanyi yang justru tidak mendidik sama sekali namun karena tak muncul petisi seperti ini sehingga tidak terlihat saja.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa sistem sekularisme yang mendarah daging akan menghasilkan paham kapitalisme di mana orang-orang hanya melihat dari sisi keuntungan saja tidak mempertimbangkan dari sisi yang lain misalnya dari segi beban moral dan agama. Bila paham materialisme ini sudah melekat maka apapun akan dilakukan semata hanya demi keuntungan. Misalkan ketika ada artis atau aktor yang mendunia dan kita ingin produk yang kita jual laris manis. Bila kita memiliki paham Ini, maka tentu saja kita akan menggunakan jasa artis atau aktor tersebut untuk menjadi bintang iklan, walaupun sebenarnya kita sudah mengetahui iklan itu tidak pantas dipertontonkan.

Dari sinilah sebenarnya tugas kita muncul. Kita tidak bisa menyembuhkan penyakit hanya dengan mengobati gejalanya saja. Kita tidak bisa menghentikan seluruh tayangan media yang tidak pantas atau tidak mendidik hanya melalui petisi-petisi yang kita buat. Karena apabila kita menggunakan cara itu, maka penyelesaiannya pun sementara dan nantinya bisa terulang lagi muncul tayangan tak pantas lainnya. Lalu apa solusinya?

Tentu saja solusinya adalah kembali kepada Islam. Sudah jelas penerapan aturan Sang Pencipta, Allah Swt-lah yang paling tepat untuk mengatur seluruh aspek di dunia bahkan seluruh alam semesta ini. Karena Allah Swt adalah Sang Maha Pengatur, Dia-lah Pencipta dan Pengatur seluruh alam, maka sudah barang pasti aturan-Nya lah yang terbaik.

Maka tidak heran bila dalam Alquran, kita diperintahkan untuk masuk Islam secara kaffah. Kita diperintahkan untuk menerapkan aturan Allah Swt seluruhnya bukan hanya soal ibadah saja. Aturan Allah swt di dalam syariat-Nya mengandung berbagai aturan yang mengatur kehidupan manusia dari bangun tidur hingga tidur lagi. Dari persoalan dunia hingga akhirat. Dari soal ekonomi, pendidikan, kesehatan, keamanan, semua telah disiapkan Allah di dalam Alquran dan Al-Hadits. Kita sebagai manusia hanya tinggal menjalankan aturanNya saja. 

Sebuah penyakit akan sembuh bila diobati penyebabnya, bukan gejalanya. Seperti penyakit TBC, ia akan sembuh bila bakterinya hilang dengan meminum obat yang memang berfungsi untuk membunuh bakteri itu, bukanlah obat batuk biasa yang hanya meredakan gejalanya. 

Maka dalam konteks penyiaran pada media saat ini, bukanlah petisi-petisi penolakan solusinya. Tapi penerapan syariat Islam untuk menjadi sistem yang mengatur seluruh aspek kehidupan, itulah solusinya. Karena dengan adanya syariat Islam, hukum yang tegas, aturan yang jelas, semua akan teratur dan pastinya mengandung nilai-nilai kebaikan.

Oleh sebab itu, inilah tugas kita semua untuk mendakwahkan kepada seluruh orang yang kita kenal, bahwa berbagai macam masalah dalam kehidupan kita, Islam-lah solusinya. Wallahu ‘alam. 


Editor: Lulu

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.