Sudahkah Anda Melamun Hari Ini ?

Hot News

Hotline

Sudahkah Anda Melamun Hari Ini ?



Oleh Syaiful Amri


Cara kerja aliran air yang mengisi kekosongan celah-celah dan lubang dari setiap material yang ia lewati. Air adalah rahmat dari Tuhan yang Maha Esa, yang menghidupi alam semesta,

Seperti halnya mengosongkan pikiran atau meniadakan pikiran, mencoba meredupkan ke egoisan dan berharap Nur Allah,cahaya Ilahi atau pencerahan dari-NYA , begitulah cara air yang bergerak dan mengalir dari daratan yang lebih tinggi ke daratan rendah.

Dan murid yang ikhlas adalah murid yang mampu menerima semua ilmu dari gurunya dan menjadikannya ilmu yang berkah. Berlawanan dengan murid yang memprotes dan bertindak sesuai seleranya maka jadilah ia murid yang sia-sia.

Mengosongkan pikiran punya sejarahnya masing-masing, di zaman Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassallam pertama kali menerima wahyu dengan dibersihkan hatinya oleh malaikat Jibril, di dalam gua yang gelap, sepi sunyi.

Juga Nabi Nuh yang diasingkan ke dalam tiga kesunyian, yaitu gelapnya malam, gelapnya perut ikan paus, dan dalamnya laut.

Begitupun kisah Sidharta Ghautama yang kaget melihat kontrasnya dunia dari luar istana dengan apa yang dilihat dan dirasakan di sekitar istana. Lalu mencari pohon budhis untuk duduk di bawahnya dan bersemedi.

Sebagai muslim hal yang biasa kita lakukan adalah salat malam, bertahajud atau sholat istikhoroh, di mana perasaan patuh, tunduk, merendahkan diri dan penuh takwa dengan menggantungkan hidup hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. 

Manusia adalah makhluk yang lemah, tiada daya dan kekuatan selain daripadaNYA, mengasingkan diri dari hiruk pikuk kesibukan dunia, dan melebur khusyuk kedalam gelapnya malam. Di situ kita mengharap petunjuk dan ridho-NYA , disaksikan para malaikat yang berdatangan melihat doa kita.

Dunia barat menggunakan aktivitas ini lebih sebagai olahraga yang disebut 'Yoga', yaitu bergerak dan diam secara terus menerus dengan jangka waktu tertentu dengan bantuan musik atau wewangian untuk membantu refleksi otot, otak dan tubuh.

Dalam khasanah budaya jaman dahulu, Indonesia mengenal dengan istilah tapa yaitu berpuasa lalu bersemedi di goa, pepohonan, laut, dan tempat sakral lagi mistis lainnya.

Kita harus mengambil pelajaran dari fakta yang sudah ada, kegiatan merenungi diri, introspeksi, evaluasi adalah bentuk ketidakberdayaan dengan selalu berharap karunia Allah Subhanahu wa Ta'ala mengiringi hidup ini.
Wallahualam.

Syaiful Amri: Penulis Editor Dapur Pena

Editor Lulu

Ilustrasi devianart.com

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.