Mereka Yang Terabaikan

Hot News

Hotline

Mereka Yang Terabaikan


Oleh   Eri*


Dapurpena.com- Viral di media sosial foto seorang ibu hamil digotong atau ditandu menggunakan alat seadanya menuju rumah sakit untuk bersalin. Ibu hamil itu terpaksa digotong diduga karena akses jalan yang minim. Usai dibagikan di media sosial, unggahan foto tersebut menjadi viral. Salah satu sebab viralnya foto itu adalah caption lanjutan yang menerangkan bahwa nasib bayi dalam kandungan ibu itu tidak selamat. Dalam komentarnya, banyak warganet yang menyalahkan pemerintah karena peristiwa itu terjadi karena buruknya akses jalan. (detiknews.com 20/02/2019)

Sungguh miris, dimana sebagian warga kota bisa menikmati berbagai macam infrastruktur, seperti akses jalan, rumah sakit, sekolah, transportasi umum dan lain-lain. Ternyata tidak untuk warga yang tinggal di pinggir kota atau pelosok desa yang minim infrakstruktur semisal jalan raya. Mereka luput dari jangkauan pemerintah, bahkan terabaikan. Padahal pembangunan infrastruktur menjadi salah satu program kerja pemerintahan Jokowi saat ini dan akan terus dilanjutkan apabila terpilih kembali di Pilpres 2019.

Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. "Di 2014 anggaran kita untuk infrastruktur itu Rp 157,4 triliun. Di 2018, anggaran kita untuk infrastruktur sudah Rp 410,4 triliun. Artinya ada lompatan," kata Jokowi. Dana tersebut dimanfaatkan untuk membangun 782 kilometer jalan tol di tahun 2018. Kemudian, sepanjang 1.852 kilometer jalan tol akan terbangun di tahun 2019. (kompas.com 14/01/2019)

Namun disayangkan, anggaran infrastruktur yang besar ternyata tidak tepat sasaran. Seperti akses jalan umum, Pemerintah hanya fokus terhadap jalan tol yang jadi penghubung antar kota atau propinsi. Bahkan untuk menikmati fasilitas tersebut, warga harus merogoh kocek lebih dalam hanya untuk memakainya.

Itu pun tidak sebanding dengan harga yang harus dibayar akibat kemacetan yang sering terjadi. Juga bangkrutnya para pengusaha yang menggantungkan diri pada jalan raya yang biasa dipakai sebelumnya. Secara fakta, infrastruktur sekarang tidak memberikan dampak yang signifikan dan merata bagi masyarakat selain menambah beban utang negara yang kian menumpuk.

Infrastruktur adalah hal penting dalam membangun dan meratakan ekonomi sebuah Negara demi kesejahteraan rakyatnya. Oleh karena itu, Islam mewajibkan Negara untuk membangun infrastruktur yang baik, bagus dan merata ke pelosok negeri. Kesejahteraan akan tercipta dengan terpenuhi sarana dan prasana yang baik untuk memperlancar distribusi dan pemenuhan kebutuhan rakyat.

Terkait pembangunan infrastruktur, Islam mengatur bahwasanya pembangunan tersebut adalah tanggung jawab Negara. Selain itu, Negara mengatur kepemilikan dan pengelolaan berdasarkan jenis infrastrukturnya. Membangun infrastruktur haruslah merata disetiap daerah (tidak terkecuali daerah-daerah terpencil).

Menyediakan sarana dan prasana juga memperbaiki kerusakan setiap sarana yang ada.  Kisah Khalifah Umar bin Khaththab r.a, beliau pernah berkata : “Aku sangat khawatir akan ditanya Allah SWT kalau seandainya ada keledai terpeleset di jalanan di Irak, kenapa aku tidak sediakan jalan yang rata”.

Ungkapan tersebut menunjukkan kesadaran Khalifah Umar bin Khaththab yang sangat tinggi terhadap nasib rakyatnya. Dana yang digunakan untuk pembangunan  infrastruktur berasal dari Kas Negara, tidak diserahkan ke pihak swasta maupun asing yang dapat mengintervensi pemerintah.

Seperti Khalifah Umar bin Khaththab yang menyediakan pos dana khusus dari Baitul Mal untuk mendanai infrastruktur, khususnya jalan dan semua hal ihwal yang terkait dengan sarana dan prasarana jalan. Tentu dana ini bukan dari dana utang.

Dengan demikian, hanya dengan menerapkan Islam secara kaffah yang dapat menjamin pembangunan infrastruktur secara merata. Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, Khulafaur rasyidin sampai kekhalifahan terakhir Bani Utsmaniyyah. Wallahu a’lam bis shawab.


*Muslimah Pengurus Kajian Remaja Kabupaten Tangerang


Ilustrasi uamodna.com

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.