Adab Cerminan Baik Buruknya Kepemimpinan

Hot News

Hotline

Adab Cerminan Baik Buruknya Kepemimpinan



Oleh : Kamila Amiluddin*


Dapurpena.com- Sebagai seorang muslim kita dianjurkan untuk senantiasa berkasih sayang satu sama lain dalam kebaikan. Baik itu terhadap keluarga, sahabat, tetangga dan siapapun yang kita kenal. Saling mengasihi, saling membantu, saling bekerja sama, saling berbagi. Bahkan dalam sebuah hadits Rasulullah pernah bersabda :

“Saling memberi hadiah di antara kamu maka kamu akan saling mencintai”.

Makna dari ayat tersebut mengajarkan kepada kita berbuat baiklah terhadap sesama salah satunya membuat hati saudara atau saudari kita merasa bahagia, merasa dicintai dengan cara berbagi atau memberikan hadiah. Dan lakukanlah itu karena niat ikhlas semata-mata untuk meraih rida Allah, niat menyenangkan hati orang tersebut sehingga hablum minannas kita terus terjaga.

Seperti yang dilakukan penguasa negeri ini beberapa hari yang lalu terlihat dari rekaman video yang diunggah ketua umum PPP Roma Urmuzy, dalam video tersebut ia membagikan bingkisan kepada masyarakat Jawa Timur. Lebih tepatnya melempar bingkisan dari dalam mobil, masyarakat yang menerima pun sangat senang dan antusias sembari mengelu-elukan namanya.

Namun dalam aksinya kali ini mendapat kecaman dari Fadli Zon yang menilai tindakan tersebut kurang pantas dilakukan sebagai seorang Presiden. Dikutip dari laman CNN Indonesia

Politikus Gerindra itu mengatakan “Saya kira itu hentikanlah, itu memalukan. Seorang Presiden melempar barang atau apa dari dalam mobil, ini aduh, agak primitif,” (Selasa, 6/2/2019).
Beliau menambahkan lagi apabila ingin memberikan bingkisan bisa melalui RW atau RT setempat tidak Presiden langsung yang membagikan.

Pernyataan dari Fadli Zon tersebut sangatlah benar, tidak seharusnya seorang pemimpin negara bersikap seperti itu. Tidak layak menjadi contoh dan benar-benar bukan adab yang baik. Memberikan bingkisan ataupun hadiah harusnya dengan cara yang ahsan.

Dalam Islam kita bisa mengambil contoh seorang pemimin yang berakhlak baik. Seperti kisah Umar Bin Khattab yang selalu berkeliling tempat pengungsian daerah-daerah terpencil melihat kondisi rakyatnya secara langsung. Ketika ada rakyatnya yang kelaparan lantas Umar segera mencarikan gandum untuk diberikan kepada mereka yang kesusahan. Dan Umar juga memanggul sendiri gandum dan bahan pokok untuk didistribusikan ke pengungsian lainnya.

Ada lagi contoh dari seorang pemimpin mujahidin, Shalahuddin Al Ayyubi rahimahullah. Dia, yang saat itu sedang berada di tengah pertempuran, berkeliling memeriksa perkemahan. Dia lewat di depan seorang anak yang duduk di hadapan bapaknya sedang membaca Alquran. Shalahuddin pun menganggap bacaan anak itu bagus. Dia pun mendekatinya dan memberikan ransum khusus makanannya kepada anak itu. Dia juga memberikan wakaf kepada anak itu dan bapaknya sebagian dari tanah ladangnya. 

Ketika kita hendak memberikan hadiah pun ada adabnya yaitu niat lillahita’ala karena Allah, tujuannya memang untuk membantu dan meringankan beban rakyat, menjalin ikatan yang baik kepada rakyat. Pemberian itu juga membawa manfaat bagi si penerima, pemberian diberikan dengan cara yang sebaik-baiknya, tidak mengharapkan balasan atau sebagai alat memperlancar urusan kepemimpinannya.

Yang semestinya diperhatikan dalam memberikan hadiah adalah seseorang hendaknya melihat keadaan orang yang akan diberikan hadiah agar hadiah tersebut berada pada tempat yang semestinya dan lebih bermanfaat bagi yang menerimanya. Seorang yang fakir diberikan hadiah yang bisa dimanfaatkannya dan bisa menolong penghidupan serta nafkahnya.

Seorang pemimpin menjadi panutan dari setiap tindakannya, pemimpin pun wajib memiliki ilmu dan pemahaman Islam yang baik sehingga memiliki adab dalam setiap tindakannya. Mampu mengayomi, mendidik, merangkul, setidaknya memiliki rasa merendah terhadap rakyatnya. Jadilah seorang pemimpin yang disegani karena kemuliaannya terhadap sesama muslim layaknya Umar Bin Khattab.


*  (Guru dan Pemerhati Anak, Member Akademi Menulis Kreatif dari Jogjakarta)

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.