Sabar: Mudah Terucap, Berat Jalannya

Hot News

Hotline

Sabar: Mudah Terucap, Berat Jalannya

(Foto; Gadis Desa Merenung & Duduk Manis di sebuah Danau)

Oleh ; Bang AR CoGan*

Www.dapurpena.com - Sabar, yaa kata tersebut bahkan sangat sering tersampaikan saat seseorang sedang menimpa musibah atau bahkan saat di sebuah pengajian taklim dalam membahas sabar dan sebagainya.

Namun Sahabat, ada yang tau kah? Apa yang kita liat dalam kasat mata kata tersebut; Sabar, ternyata mempunyai energi kuat bahkan bisa dikatakan 5 huruf tersebut mengandung banyak cara agar misal kita manusia harus berfikir bagaimana bisa menjalani. Namun betul, seperti kita mendaki gunung ke puncak, berproses dari bawah ke atas butuh kekuatan dan waktu.

Sebelum membahas lanjut mengenai sabar, mari kita simak dahulu firman Allah SWT dalam beberapa ayat Al-Qur’an berikut ini.

Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah dan kuatkanlah kesabaranmu…” (QS. Ali Imran: 200)

Sungguh, akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan, berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 155)

…Sesungguhnya, hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar: 10)

Jadi sahabat pembaca, notabenenya sabar itu banyak pula disampingnya apa manfaatnya dan apa peringatannya, tapi begitu sahabat, muda terucap dalam lisan baik saat mengingatkan, namun begitu dahsyatnya saat menjalani. Ya begitulah, Allah SWT memberikan kita agar bisa mendapatkan sebuah perubahan besar kelak.

Oleh karena itu sahabat pembaca, tidak ada Masalah jika kita belum bisa bersabar, namun diharapakan jikalau sanggup belajar sabar tanpa batasnya, Allah SWT memberikan semua itu tentu sesuai kesanggupan atau kapasitas kita. Percayalah, disaat terjatuh akan ada hal baru yang akan membuat anda semakin indah hidupnya tidak seperti kemaren.

Tak dipungkiri, penulis hanya bisa menyampaikan manfaat sabar walaupun diri ini juga sama seperti anda belajar bersabar dengan kapasitas. Namun siapa lagi jika bukan kita lagi yang mengingatkan.

Sabarlah, walaupun anda harus rela mengeluarkan air mata setiap hari, karena itu bentuk syukur akan kenikmatan juga. Tidak ada masalah dengan semua, namun jangan sampai anda mengorbankan diri semisal sesekali tidak apa-apa, namun jika dua kali, jangan terulang.

Mari sahabatku, belajar sabar ya, karena sabar itu disayang Allah SWT dan diberi kedudukan istimewa. Percayalah, anda pasti bisa.

*Penulis adalah Pemuda Hijrah tinggal di Surabaya, Jawa Timur

*Editor : Saathir Mustaqim

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.