Haram Menghapus Ajaran Islam

Hot News

Hotline

Haram Menghapus Ajaran Islam

(Foto/https://portal-islam.id)


Oleh : Siti Ulwan*

Kementerian Agama (Kemenag) kembali membuat keputusan yang sangat menyinggung hati dan perasaan umat Muslim. Sebelumnya pemerintah seperti mengawasi umat Islam dengan mempermasalahkan cadar, celana cingkrang, dan pembubaran  berbagai pengajian di masjid. Saat ini pemerintah berencana menghapus materi jihad dan khilafah dari bahan ajar di madrasah-madrasah.

Direktur Kurikulum, Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah pada Kemenag, Umar, menjelaskan yang dihilangkan sebenarnya bukan hanya materi khilafah dan perang, tetapi setiap materi yang berbau ke kanan-kananan atau ke kiri-kirian dihilangkan. Juga setiap materi ajaran yang tidak mengedepankan  kedamaian, keutuhan, dan toleransi dihilangkan. "Karena kita mengedepankan Islam wasathyah," kata Umar (Republika.co.id, 7/12/2019).
Tindakan Kemenag menghapus materi Khilafah dan jihad dari pelajaran di madrasah merupakan bukti nyata Islamofobia. Alasan Kemenag bahwa akan menghapus setiap materi ajar yang tidak mengedepankan kedamaian merupakan tuduhan bahwa sebagian ajaran islam tidak membawa kedamaian. Firman Allah dalam Al Quran surat Al Anbiya ayat 107 jelas mengatakan bahwa Islam yang dibawa Rasulullah adalah rahmatan lil 'alamin. Khilafah dan jihad adalah bagian dari ajaran islam, sama halnya dengan sholat, zakat, puasa, dan haji. Menghilangkan atau mengingkari satu syariat Islam artinya menentang Allah dan Rasulnya.

Ajaran khilafah telah banyak dijelaskan oleh ulama, salah satu ulama tersebut adalah Imam Ar Razi. Khilafah, Imamah Al-Uzhma atau Imarah Al-Mu'minin semuanya memberikan makna yang satu (sinonim) dan menunjukan tugas yang juga satu (sama) yaitu kekuasaan tertinggi bagi kaum muslim. Jumhur ulama pun sepakat akan wajib dan pentingnya seorang khalifah. Adapun materi jihad merupakan ajaran yang agung karena dengan semangat jihad Islam dapat menguasai 2/3 dunia untuk menegakkan agama Allah.

Keputusan Kemenag yang berencana menghapus materi jihad dan khilafah dari kurikulum madrasah adalah tindakan yang haram. Berdasarkan firman Allah "Sungguh orang-orang yang menyembunyikan keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk yang  telah Kami turunkan, setelah Kami menerang- kannya kepada manusia dalam Alkitab, mereka itu dilaknat oleh Allah dan dilaknati pula oleh semua makhluk yang dapat melaknat." (QS. al-Baqarah (2): 159). Wallohu a'lam.

*/Penulis merupakan Aktivis dan Pemerhati Masyarakat Cikarang,  Bekasi.

Editor : Indah Nurul Kamilia


This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.