Youtube Sarana Dakwah Santri Masa Kini

Hot News

Hotline

Youtube Sarana Dakwah Santri Masa Kini


(Foto/https://youtube.com)

Oleh: Witry Fusian Ikhwayuni*


Teknologi digital yang salah satunya adalah internet, mampu memberi solusi pada banyak hal yang sebelumnya dinilai mustahil. Apa yang dahulunya susah dijangkau, kini hanya dalam genggaman tangan. Dunia telah berubah menjadi desa global. Yang terjadi di salah satu sudut dunia, bisa secara langsung dihadirkan di bagian lainnya.

Begitu pula dengan dakwah Islam yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan di mana saja dan kapan saja. Dengan bermodalkan satu genggaman smartphone, kita bisa menyiarkan dakwah ke seluruh penjuru dunia. Hal ini tentu sangat penting diketahui oleh para Santri demi menuntaskan tugas syariat dalam menyebarkan dakwah Islam.

Secara umum, definisi dakwah yang dikemukakan para ahli menunjuk pada kegiatan yang bertujuan pada perubahan positif dalam diri manusia. Perubahan positif diwujudkan dengan peningkatan iman, mengingat sasaran dakwah adalah iman.

Dakwah seringkali ditujukan untuk memberikan solusi pemecahan masalah dalam kehidupan. Untuk itu dakwah harus dikemas secara menarik dan tampil secara aktual, faktual, dan kontektual, untuk menarik perhatian masyarakat. Dengan menggunakan media Youtube, semua itu bisa terwujud.
Saat ini media Youtube kerap dimanfaatkan berbagai kalangan sebagai media dakwah. Youtube memberi kemudahan informasi penyampaian kajian islam melalui video-video rekaman ceramah. Sehingga, penggunanya bisa mengakses dan melihat kajian secara murah tanpa harus ke luar rumah.

Youtube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan paypal pada februari 2005, yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Youtube kemudian dibeli oleh Google pada november 2006. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Pengguna tak terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas (wikipedia.org)

Youtube merupakan salah satu media digital yang saat ini digemari oleh berbagai kalangan, khususnya anak muda yang menggunakan Youtube sebagai sarana penyalur aspirasi. Tidak sedikit pula yang dapat penghasilan dari media digital tersebut.

Sebagai seorang santri, tentu dapat memanfaatkan Youtube sebagai media penyampaian dakwah. Selain mudah, media ini juga dinilai fleksibel, karena dapat dinikmati di mana saja dan kapan saja.

Dakwah bagi sebagian orang pasti tertuju seputar pengajian ke mesjid atau madrasah, akan tetapi, sekarang pemanfaatan teknologi dapat digunakan secara sinergis.

Terlihat pada tujuan dakwah adalah untuk meyampaikan. Maka, dengan youtube banyak hal yang dapat dibagikan seseorang dalam berbagai cara dan konten yang dikemas menarik dan unik, seperti membagikan video-video inspirasi yang mampu menggugah nurani, sudah termasuk dalam kategori dakwah.

Berikut ini beberapa alasan, mengapa youtube cocok digunakan sebagai media dakwah:
1.   Ekonomis. Youtube gratis untuk semua kalangan, dan memungkinkan penggunanya secara leluasa untuk menontonnya.
2.   Interaktif. Youtube memfasilitasi kita untuk berdiskusi atau melakukan tanya jawab melalui kolom komentar. Sehingga, dalam berdakwah yang sifatnya persuatif dapat diterima banyak orang karna adanya diskusi dalam dakwah tersebut.
3.   Praktis. Youtube mudah digunakan dan dapat diikuti oleh semua kalangan. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa dapat dengan mudah mempelajari dan mengakses Youtube.
4.   Sheareable, yaitu youtube memiliki fasilitas link HTML, embed kode video dakwah yang dapat dishare di jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan juga blog/website.
Sehingga, semua media elektronik dapat melihat konten dakwah yang telah ditayangkan Youtube melalui link yang disebar.
5.   Potensial, yaitu youtube merupakan situs yang paling populer didunia internet saat ini. Dengan kepopuleritasannya, Youtube dapat lebih mudah dalam menyebarkan dakwah (dictio.id)

Jadi, dapat penulis simpulkan bahwa media sosial merupakan suatu sarana yang dapat digunakan seabagai alat berkomunikasi, berinteraksi, atau menyampaikan pesan dakwah dari seorang da’i kepada objek dakwah (mad’u). Youtube sebagai media dakwah dapat dimanfaatkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang Islam.

Dengan Youtube, para santri mampu menyebarluaskan ilmu-ilmu agama Islam. Jadi, tunggu apalagi? Ayo berdakwah melalui jejaring sosial.


*/Penulis kelahiran Bandung Jawa Barat. Motto hidupnya adalah “Berikan yang terbaik untuk orang di sekitarmu”. Pekerjaan saat ini Pustakawan Sekolah.


Editor: Rosendah Dwi Maulaya


This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.