Ada Apa Dengan Cinta?

Hot News

Hotline

Ada Apa Dengan Cinta?

(Ilustrasi/www.dapurpena.com)


Oleh: Fahrizal Muhamad Ramdan*


Cinta adalah sesuatu yang indah yang diberikan oleh Sang Pencipta kepada kita. Termasuk perasaan yang tidak bisa dipungkiri bahwa setiap insan pasti merasakan yang namanya rindu, kasih sayang, maupun cinta itu sendiri. Namun apabila cinta datang, sulit untuk dihilangkan dan menjadi sesuatu yang dipermasalahkan oleh setiap kalangan.

Ada apa dengan cinta yang datang secara tiba-tiba? Ia tidak melihat siapa saja hati yang akan disinggahi. Namun cinta tak bisa dinafikan, karena hadirnya merupakan jawaban dari doa-doa yang senantiasa kita panjatkan. Menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin, “cinta adalah sesuatu yang timbul dari hati sanubari.






Cinta yang indah adalah cinta yang diridhoi oleh sang Maha Kuasa. Layaknya cinta suci diantara kisah Ali bin Abi Thalib ra dengan Siti Fatimah ra yang terkenal dengan cinta dalam diamnya. Begitu juga dengan kisah cinta Siti Zulaikha dengan Nabi Yusuf as yang terkenal dengan perjuangan dalam meraih cintanya.

Terkadang cinta juga bisa membuat kita terlena. Yang mana akan mendekatkan manusia kepada jurang yang salah apabila tidak bisa menempatkan posisi cinta dengan benar. Seperti kisahnya seorang anak yang lebih mencintai istrinya   daripada ibunya, yang pada akhirnya akan membuat impact kepada para pendengar ataupun yang melihat menjadi benci kepadanya. Jadi, berlaku adillah dalam hal cinta.

Lalu, ada apa sebenarnya dengan cinta? Yang manakala ketika ada rasa secara tiba-tiba air mata keluar secara tidak sengaja, menandakan kita lemah dan rapuh akan rasa yang Maha Kuasa berikan kepada kita. Namun, percayalah! Dibalik itu semua akan ada sesuatu yang sangat berharga. Maka, berhati-hatilah dengan rasa yang terdapat di dalam dada. Cintailah insan sewajarnya dan janganlah berlebihan dalam hal mencintai ciptaan-Nya.

Jangan pernah menyalahkan cinta yang datang secara tiba-tiba. Karena cinta adalah fitrah manusia yang diberikan oleh sang Pencipta kepada setiap insan. Cinta yang suci adalah cinta yang senantiasa mengajak kita kepada ketaatan, bukan malah menjerumuskan kita pada jurang kemaksiatan. Cinta sejati adalah cinta yang saling menjaga dan berjuang untuk menjadi lebih baik. Dan cinta yang suci adalah cinta yang berani membuat simpul ikatan dengan tali pernikahan, bukan dengan pacaran. Wallahu a’lam bish-shawab.



*/Penulis adalah Founder Arraj dan Ketua Umum Komunitas Taklim Jurnalistik

Editor: Ulfiatul Khomariah

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.