Meraih Berkah dengan Bersedekah

Hot News

Hotline

Meraih Berkah dengan Bersedekah

(Ilustrasi/disain-www.dapurpena.com)

Oleh: Rosendah Dwi Maulaya*


Sudahkah hari ini bersedekah? Bersedekah sebaiknya dilakukan dengan Ikhlas. Ikhlas disini maksudnya adalah tidak diumbar pada orang lain. Ketika tangan kanan memberi, diusahakan tangan kiri tidak tahu. Seperti itulah peribahasa bagi penderma. Tangan kiri saja sampai tidak boleh tahu apalagi orang lain.

Kenapa harus bersedekah?

Bersedekah ternyata banyak sekali manfaatnya kawan-kawan. Memberi seribu dapatkan sepuluh ribu. Memberi sepuluh ribu dapatkan seratus ribu. Luar biasa Allah gantikan pahala sedekah kita.

Tapi kadang masih ada saja yang tidak meyakini hal tersebut. Karena mereka belum pernah mengalami. Nyatanya, tidak hanya dalam bentuk penglipatgandaan uang saja Allah gantikan pahala sedekah kita.

Seperti yang penulis alami sendiri. Sebenarnya ini tak perlu diceritakan, nantinya berkesan mengumbar amal kebaikan. Namun sudah Penulis pertimbangkan, Insya Allah kisah ini akan bermanfaat untuk pembaca yang nantinya akan menumbuhkan jiwa semangat bersedekah.

Sewaktu saya sedang sakit dan saat itu sedang di Instansi sekolah. Oh iya, saya masih berstatus siswa di SMA negeri. Saya izin pulang dengan guru pelajaran terkait. Ketika sampai pintu gerbang saya melihat seorang nenek yang tertidur di rumput bersandar pada dinding sekolah.




 BACA JUGA : Bullying Semakin Marak



Akhirnya saya berikan selembar uang ribuan. Nenek yang sedang tertidur pun sontak kaget dengan tindakan saya yang menyumpalkan uang di tangannya. Nenek tadi terbangun dan mengucapkan ribuan terima kasih serta do'a do'a untuk saya. Saya pun tersenyum, kemudian melenggang pergi.

Saya terbiasa pulang dengan berjalan kaki. Sebab kalau pakai angkutan umum lain saya tidak berani. Karena pernah trauma sebelumnya. Panas terik seperti itu akhirnya saya langkahkan kaki sedikit demi sedikit di tengah sakit kepala yang mendera-dera. Saat sudah tidak kuat, padahal baru beberapa langkah saja ternyata Ayah dengan mengendarai motor datang menjemput saya. Beliau menuju sekolah.

Sungguh benar-benar suatu kesyukuran. Apalagi sebelumnya saya tidak pernah memberi tahu Ayah untuk menjemput, karena saya tahu ketika jam itu pasti beliau sedang repot.

Saya pikir sedekah tadilah yang bekerja. Luar biasa cepat respon Allah Swt,. menggantikan harta yang saya keluarkan dengan mengutus Ayah untuk menjemput saya. Akhirnya saya tak perlu berjalan kaki sampai rumah dengan jarak yang cukup lumayan. Dengan demikian saya bisa beristirahat dengan cepat. Alhamdulillah.

Saya rasa definisi Allah pasti mengganti apa yang kita sedekahkan tidak hanya dalam bentuk uang. Dalam keadaan sulit tiba-tiba Allah mudahkan itulah pahala dari apa yang kita sedekahkan. Dalam keadaan sakit namun harus menghadiri acara tertentu, tiba-tiba Allah sembuhkan itulah ganti rugi yang Allah beri.

Atau bisa saja pahala sedekah itu menunggu waktu. Tidak langsung diberi hari itu juga sepuluh kali lipatnya. Bisa saja nanti ketika sedang berkuliah dan keuangan kita sedang seret, mau minta pada orang tua pun tidak enak tiba-tiba mendapat rezeki ditraktir kawan makan. Itulah pahala sedekah yang dahulunya teman-teman lakukan.

Jadi, jangan takut bersedekah dengan persepsi uangnya tidak kembali. Jangan takut bersedekah karena takut rugi. Karena Allah pasti ganti apa yang kita keluarkan secara tidak kita duga-duga. Percaya saja.

Sedekah adalah investasi murah yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Nominalnya tidak ditentukan, alias bebas. Yang didapat dari bersedekah pun tidak bisa dikira-kira dan tidak bisa diduga-duga. Yuk mulai biasakan diri dengan bersedekah. Tak punya harta? Silakan tersenyum pada siapa saja. Karena senyummu kepada saudaramu juga merupakan sedekah.



*/Penulis adalah Siswa SMAN 1 Dompu

Editor: Ulfiatul Khomariah

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.