Peringatan Bencana Wabah Dari Tuhan

Hot News

Hotline

Peringatan Bencana Wabah Dari Tuhan

(ilustrasi/www.dapurpena.com)


Oleh : As'ad Bukhari, S.Sos, M.A


Manusia yang cenderung serakah dan mementingkan dirinya sendiri membuat alam gelisah sehingga mengadu pada Tuhan. Alam hanya diambil manfaatnya serta tidak pernah bersahabat dengannya. Manusia lupa bahwa mereka hidup karena keseimbangan alam. Namun di setiap kehidupannya, manusia hanya melakukan kerusakan semata.

Seketika alam bersama Tuhan murka. Maka semua manusia berada dalam keterpurukan dan kebencanaan yang terus melanda. Kejadian wabah berwujud virus ini sekiranya dapatlah membuat manusia sadar akan pentingnya memiliki kemawasan diri. Manusia haruslah memiliki kesadaran yang tinggi terhadap kesehatan, kemanusiaan, dan kehidupan terhadap alam semesta sebagai keseimbangan hidup. Bencana alam, bencana sosial, bencana wabah, bencana kemanusiaan, bencana moral, dan sebagainya adalah luapan emosi dan amarah makhluk alam atas pinta serta doa mereka kepada Tuhan. Sebab ulah manusia yang selalu memberikan bencana pada seluruh alam semesta.

Manusia selalu saja menjadi dalang atas bencana yang terjadi. Inilah yang menandakan bahwa nikmat Tuhan diabaikan oleh manusia, nikmat atas alam sekitar yang ada. Malah juga ada yang dimanfaatkan hanya untuk kejahatan, keburukan, dan kezoliman yang besar demi keserakahan akan pundi-pundi maupun harta benda.  Keserakan, ketamakan, dan keegoisan manusia telah mencemari bumi.






Air sumber kehidupan bila bentuknya besar, maka sumber bencana yang dapat merusak dan meratakan. Tanah pun sumber kehidupan, bila saatnya jatuh dan longsor akan menjadi sebuah bencana yang dapat diperhitungkan. Angin atau udara adalah sumber kehidupan, bila begitu kencang maka dapat merusak dan menghancurkan apa saja. Begitu pula, api dan petir adalah sumber kehidupan, bila menyambar besar maka dapat menjadi bencana yang menghancurkan. Wabah, virus dan sejenisnya adalah makhluk mikro yang juga dapat menyerang manusia serta lainnya. Kini, lihatlah! Tuhan sedang memberikan peringatan kepada manusia melalui alam semesta sebagai ciptaaannya.

Mudah bagi Tuhan untuk mengambil manusia, hewan, dan tumbuhan atau mikroba serta seluruh alam semesta hanya dalam sekejab. Alangkah lucunya! Di saat gentinglah manusia kebanyakan sadar melakukan perintah tanpa diminta dan menjadi taat tanpa lewat sedetikpun. Sebab memang Tuhan memberikan bencana untuk mengingatkan manusia agar kembali kepada-Nya. Tuhan tahu, manusia berada dalam taraf kesombongan, keserakahan, dan kemaksiatan. Tentu Dia marah dan murka dengan ulah dan tingkah manusia.

Bencana adalah bagian dari doa-doa makhluk alam yang bersedih atas apa yang dialami dan dideritanya terhadap perilaku manusia yang tak pernah bersahabat pada mereka. Kesedihan para makhluk-makhluk alam memuncak dan membesar sehingga mereka meminta pada Tuhan agar disegerakan sebuah bencana sebagai peringatan besar atas ulah manusia. Kerusakan yang dilakukan manusia melalui tangan-tangan mereka tanpa aturan, ajaran atau amalan yang tidak sesuai dengan amanat Tuhan. Sehingga bencana merupakan bagian ritualitas alam terhadap perlawanan menghadapi keserakahan manusia tentunya.

Peringatan bencana apapun jenisnya dari Tuhan adalah sebuah teguran, sindiran, pengumuman, pernyataan, dan perhatian kepada manusia dan seluruh alam. Seperti meminta pertanggungjawaban atas apa saja yang sudah diperbuat manusia kepada seluruh alam sehingga melupakan-Nya. Haruskah manusia diberikan peringatan bencana agar sadar dan kembali pada-Nya sebab sudah terkikis rasa peduli pada alam semesta.

Akankah doa, rasa syukur, ketakutan, kesabaran, dan ketaaan semakin tumbuh lagi mendekati dengan adanya peringatan sebuah bencana dari Tuhan. Maka sudah dipastikan bahwa itulah manusia yang tidak bersyukur dan tidak pandai berterima kasih serta tidak mampu menuhankan Tuhan, memanusiakan manusia, mengalamkan alam, dan mewujudkan harmonisasi alam semesta. Karena tentunya, semua akan kembali kepada-Nya. Sebab semua hanyalah milik Tuhan semata..



Editor: Wannajmi Aisyi

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.