Filsafat Islam: Dari Klasik Hingga Kontemporer

Hot News

Hotline

Filsafat Islam: Dari Klasik Hingga Kontemporer

(Ilustrasi/disain-www.dapurpena.com)

Oleh : Syarifah Rizcy Fuzielestari



IDENTITAS BUKU
Judul Buku           : FILSAFAT ISLAM : Dari Klasik Hingga Kontemporer

Pengarang Buku : Dr.H.A.Khudori Shaleh, M.Ag

Nama Penerbit           : AR-RUZ MEDIA, Yogyakarta

Cetakan dan Tahun Terbit : Cetakan kesatu Tahun 2016

Tebal Halaman   : 308 halaman

Buku ini dibuat oleh penulis supaya para pembaca bisa memahami apa yang dimasud dengan filsafat. Filsafat di sini bukan hanya sekedar uraian sejarah dan mentafsirkannya yang notaben merupakan produk pemikiran. Melainkan, lebih pada sebuah metodologi atau epistemologi. Karena itulah Fazhur Rahman menyatakan, bahwa filsafat adalah ruh-ruh atau ibu pengetahuan (mother of since) dan metode utama dalam berfikir, bukan produk pemikiran.

Dalam buku ini penulis tidak hanya menyajikan sejarah dan metafisika, tetapi juga epistemologi, etika, dan estetika. Serta, penjelasan perkembangan filsafat dari zaman ke zaman juga dijelaskan dalam buku ini secara rinci, dan juga penjelasan terhadap tokoh-tokoh penting dalam ilmu filsafat.

Bahasa yang digunakan dalam buku ini pun luas dan mudah dipahami, sehingga bagi pembaca dapat membacanya dengan nyaman dan mudah. Dalam setiap paragrafnya pun berkesinambungan karena pembahasan satu dengan lain saling terikat. Dalam pendahuluan dijelaskan begitu jelas dan rinci, sehingga pembaca dapat memahami terlebih dahulu apa itu filsafat. Ketika memasuki pembahasan pembaca dapat memahaminya dengan mudah.


ISI BUKU

Dalam buku ini terdiri dari lima bagian yang di mana setiap bagian-bagian tersebut memiliki beberapa cabang pembahasan. Bagian pertama membahas tentang Perspektif Kultural History, bagian kedua membahas tentang Metafisika, bagian ketiga membahas tentang Epistemologi, bagian keempat membahas tentang Etika, dan bagian kelima membahas tentang Estetika.

Bagian pertama, menjelaskan tentang Sumber-sumber Pemikiran Rasional-Filosofis Dalam Islam, Pergumulan Filsafat Dengan Ilmu Agama dan juga Rekonstruksi Teologi Islam. Dalam bagian ini, juga dijelaskan bahwa pemikiran rasional-filosofis Islam bukan merupakan jiplakan atau plagiasi dari filsafat Yunani. Sistem pemikiran rasional Islam tersebut lahir atau muncul dari analisis dan perkembangan bahasa Arab, lewat bebagai mazhab bahasa yang ada.

Pemikiran dan filsafat Tunani masuk ke dalam khazanah pemikiran Islam pertama kali pada masa Khalifah Al-Makmun (811-833 M) dari dinasti Bani Abbas ( 750-1258 M ), lewat proyek terjemahan. Dan, penyebab perselisihan antara kaum filsafat dan Al-Ghazali. Serta, penjelasan bahwa para tokoh filsafat Islam selalu berusaha untuk menyelaraskan antara wahyu dan rasio, anyata agama dan filsafat, bukan memisakannya.

Bagian kedua, menjelaskan tentang Al-Falsafah Al-Ula, Herarki Wujud Secara Emanasi, Herarki Nilai Realitas, Pengetahuan Tentang Keterkaitan Wujud, Filsafat Isyraqi, Wahdah Al-Wujud dan juga Al-Hikmah Al-Muta’aliyah. Dalam bagian ini juga menjelaskan biografi dari masing-masing pemikiran para tokoh filsafat dan beberapa konsep dari para tokoh filsafat. Dan, menjelaskan pembagian eksitensi wujud.

Bagian ketika, menjelaskan tentang Epistemologi Bayani Penalaran Berdasarkan Teks, Epistemologi Irfani Penalaran Berdasarkan Intuisi dan juga Epistemologi Burhani Penalaran Berdasarkan Prinsip Logika. Dalam bagian ini juga dijelaskan histori dan perkembangan bayani, irfan, dan burhani.

Bagian keempat, Menjelaskan mengenai Ide-ide Tentang Islamisasi Ilmu, Islamisasi Bahasa Sebagai Langkah Awal Islamisasi Sains dan juga Islamisasi Ilmu-ilmu Sosial. Dalam bagian ini juga menjelaskan pengertian, sejarah, dan tanggapan tentang Islamisasi ilmu. Serta, menjelaskan biografi para tokoh Islamisasi ilmu.

Bagian kelima, menjelaskan tentang Seni Sebagai Ekspresi Kreatif EGO dan Seni Islam Sebagai Manifestal Spritual. Dalam bagian ini juga menjelaskan tentang fungsi seni, klasifikasi, dan sumber seni Islam. Serta, juga menjelaskan biografi para tokoh seni dan seni Islam.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN  BUKU

Kelebihan:

Di dalam buku ini setiap akhir pembahasan cabang dari setiap bagian akan terdapat kesimpulan dari pembahasan yang membuat para pembaca akan lebih memahami isi dari pembahasan. Dan, pembahasan yang dibahas mengenai filsafat sangak kompleks mulai dari Perspektif Kulturasi Histori, Metafisika, Epistemologi, Etika hingga Estetika, serta memasukkan para tokoh filsafat, seni, seni islam dan Islamisasi. Dan, pembahasan setiap cabang-cabang dari bagian-bagian sangat jelas dan detail. 

Kekurangan:

Buku ini tidak terlalu tebal dan tipis. Kekurangan dari buku ini adalah kurangnya penjelasan yang lebih detail dari dari beberapa penjelasan yang ada. Terdapat kata yang terlalu ilmiah sehingga sulit mengetahui makna dari kata tersebut, terlebih untuk dipahami bagi pemula.



*/Mahasiswi Universitas Islam Riau. Prod pendidikan Bahasa Arab

Editor : Firdaturrofiah

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.