HOAX MARAKNYA BERITA PALSU COVID-19

Hot News

Hotline

HOAX MARAKNYA BERITA PALSU COVID-19

(ilustrasi/desain-www.dapurpena.com)

Oleh: Mahesa Ibrahim (Mahasiswa Ilmu Alquran & Tafsir Universitas Islam Makassar)

What Wrong? Belakangan ini, dunia gempar akan sebuah virus. Kita sebut saja dengan covid-19 atau Corona Virus. Virus tersebut menjadi trending hangat di penghujung tahun 2019 hingga puncaknya di bulan Maret 2020.
Pemberitaan yang silih berganti membahas virus ini tidak pernah luput oleh pandang mata, seolah-olah menjadi buah bibir masyarakat. Bahkan, hal ini menjadi kiblat dalam pemberitaan saat ini. Kita sebagai makhluk di bumi seakan-akan tersudutkan akan virus yang lagi tren ini. Seolah virus ini berbicara, “Hahhh .... Baru denganku saja. Aku bisa menggemparkan dunia.”
Wara-wirinya berita yang mengatakan bahwa suatu wilayah ada warganya yang terjangkit virus ini. Namun, ketika berita ini ditelusuri kebenarannya hanyalah sebuah settingan semata sebagai bentuk peringatan kepada masyarakat. Bahwa, misalkan ada kegiatan eksternal yang kecil, kemudharatan bisa terjadi. Alangkah baiknya lockdown saja demi kemaslahatan diri. Jikalau dalam pemberitaan tersebut benar atau tidaknya jangan asal menjudge pemberi berita tersebut.
Kita bisa mengambil 2 hikmah dalam pemberitaan tersebut. Pertama, jikalau berita itu benar adanya maka kita ambil antisipasi semaksimal mungkin. Dan yang kedua,  jika berita tidak benar adanya atau bisa dikatakan sebuah hoax. Kita sebagai pembaca tak serta-merta marah akan hal itu. Kita perlu menjadikan hal itu sebagai peringatan buat diri dan orang sekitar untuk terus mengantisipasi hal tersebut.
   Salam Literasi,
Dakwah Lisan dengan Qalam
Hesh D. Kun

Editor: Firdaturrofiah







This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.