Pentingnya Etika Batuk dan Bersin yang Benar

Hot News

Hotline

Pentingnya Etika Batuk dan Bersin yang Benar

(Ilustrasi by : www.dapurpena.com)

Oleh : Putri An*


Seperti yang kita ketahui saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara yang terjangkit virus corona. Penyakit ini merupakan penyakit menular dan mematikan, menelan banyak puluhan jiwa. Penularannya pun melalui berbagai macam dan salah satunya melalui udara. Orang yang terinfeksi virus penyakit ini, saat batuk atau bersin, droplet atau percikan cairan akan keluar dari hidung dan mulut. Banyak dari kita semua yang tanpa disadari telah melakukan kesalahan pada diri sendiri maupun orang lain. Dengan tidak mengindahkan anjuran, menganggapnya menjadi hal sepele, seperti batuk dan bersin sembarangan.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita semua untuk melakukan etika batuk dan bersin yang benar. Agar tidak menyebarkan penyakit tersebut. Serta mampu memutus rantai penularan virus covid-19. Banyak orang didunia ini terkhususnya Indonesia, saat batuk ataupun bersin menutup mulutnya dengan telapak tangan. Kemudian disapu begitu saja pada permukaan baju. Terlihat sepele, namun berdampak pada kesehatan kita sendiri maupun orang lain. Kenapa? Karena telapak tangan merupakan bagian yang paling sering kita gunakan untuk melakukan kegiatan dan berinteraksi dengan orang lain, sehingga potensi penularan lebih besar.

Tidak hanya itu, cairan yang tadinya kita keluarkan tidak sepenuhnya terhalangi oleh telapak tangan. Sehingga, cairan bersama patogennya mengendap di udara dan mampu menginfeksi orang lain. Oleh karena itu, kita semua dianjurkan untuk menggunakan masker ataupun membawa tissue/sapu tangan saat berpergian. Batuk dan bersin merupakan sikap yang spontan/refleks yang terjadi tanpa diduga-duga. Maka sedia payung sebelum hujan.

Penggunaan masker saat batuk bertujuan untuk tidak menularkannya, karena pada saat batuk cairan yang dikeluarkan mengendap pada kain masker tersebut. Sama halnya dengan tissue atau sapu tangan. Jikalaupun tidak membawa masker, tissue dan sapu tangan, hendaklah kita semua menutupnya dengan lengan baju atas atau bawah saat sedang batuk atau bersin. Karena bagian ini tidak terlalu sering melakukan kegiatan ataupun berinteraksi dengan orang lain.

Namun, alangkah lebih baiknya jika kita semua menggunakan masker, tissue/sapu tangan saat kita semua tengah sakit dan berada di luar rumah. Jangan lupa pula untuk membuang tissue yang sudah dipakai ke tempat sampah. Semua ini tentang kesadaran diri kita untuk menjaga kesehatan dan lebih perduli lagi terhadap lingkungan kita. Mari sama-sama kita kita lakukan etika batuk dan bersin yang benar untuk mencegah penularan penyakit. Hal kecil namun memberikan dampak yang sangat besar untuk kita semua. Jaga kesehatan selalu!! Ganbatte!!


*/Penulis merupakan anggota paskibra di MAN4 Medan. 

Editor : Fariz Maulana

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.