Pesantren Mahasiswa Kembali Lawan Covid Jilid3

Hot News

Hotline

Pesantren Mahasiswa Kembali Lawan Covid Jilid3


www.dapurpena.com. Sebagaimana laporan yang diterima redaksi dapurpena, Sabtu, (25/04/2020). Medco Foundation dan Pesantren Mahasiswa Dai (PESMADAI) menggelar aksi bagi-bagi sembako gratis ke pengemudi ojol (ojek online) dan sejumlah warga di Jakarta, Depok dan Ciputat Tangerang Selatan.

Andi, selaku Development Program di Medco Foundation mengatakan, Gerakan ini sebagai langkah ikhtiar kami untuk membantu meringankan kebutuhan pangan masyarakat selama menghadapi pandemi covid-19, semoga bermanfaat," tuturnya, Jum'at, (24/04/2020).

Selain itu, gerakan bagi-bagi sembako gratis yang dilakukan pada tanggal 23 dan 24 April 2020, juga memberikan momen haru kepada warga sekitar. Pasalnya sejumlah warga yang berpenghasilan rendah, mengalami kesulitan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan logistik dalam menghadapi wabah corona.

Seperti yang dikatakan Firdaus, seorang driver ojek online yang mendapatkan sembako gratis.

"Saya sangat berterima kasih kepada Medco Foundation dan Pesmadai yang telah menggelar aksi bagi-bagi sembako gratis. Karena jujur saja, selama ada wabah corona saya menjadi sepi orderan dan pendapat menurun, sehingga kebutuhan pangan keluarga tidak terpenuhi", ucapnya.

Hal yang lebih miris dirasakan oleh Maya, seorang pemulung jalanan. Dia mengatakan, "Sebagai seorang pemulung saya bisa apa dalam menghadapi corona, bisa makan sehari saja sudah cukup, dapat sembako seperti ini sangat membantu saya mas" Katanya sambil terisak dan mengusap matanya yang keluar air mata.

Gerakan Medco Foundation dan Pesmadai peduli ini juga meningkatkan jiwa sosial santri untuk turut andil membantu masyarakat dalam menghadapi bencana sosial. Sebagaimana yang dikatakan Ikmal, salah satu santri pesmadai Ciputat.

"Sebagai santri, kami ingin memberikan kontribusi kepada masyarakat yang membutuhkan. Kami ingin mendorong orang lain menciptakan gerakan positif yang sama, agar tidak cemas dan saling menyalahkan dalam menghadapi virus corona. Jika punya kemampuan, buatlah gerakan baru dan saling menguatkan," ujarnya.

Gerakan bagi-bagi sembako gratis diharapkan menjadi langkah optimisme masyarakat dalam menghadapi Novel Coronavirus. Banyak masyarakat yang down secara psikis maupun ekonomi dalam menghadapi pandemi. Sehingga diharapkan gerakan-gerakan solidaritas terus bermunculan untuk meringankan kebutuhan pangan masyarakat ekonomi bawah.

Direktur Pesmadai, Ahmad Muzakky juga menuturkan bahwa sebagai masyarakat kita harus membuat gerakan-gerakan solidaritas sebagai upaya meringankan beban masyarakat.

"Kami melakukan apa yang bisa kami lakukan untuk membantu saudara-saudara kami yang kesulitan ekonomi. Daripada mengutuk kegelapan, lebih baik kami menyalakan lilin harapan baru. Gerakan ini kecil tapi semoga bisa memancing kelompok lain untuk membuat gerakan solidaritas serupa," jelasnya.

Semoga kegiatan-kegiatan positif senantiasa tersalurkan kepada masyarakat dalam menghadapi Novel Coronavirus. Kita berjuang sesuai dengan tupoksi masing-masing. Pemerintah dengan perannya, tenaga medis dengan perannya, dan kita sebagai masyarakat berperan sesuai dengan apa yang bisa kita lakukan.

Reporter  :  AR CoGan
Editor       : Saathir Mustaqim

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.