Keberkahan Ilmu dari Memuliakan Guru

Hot News

Hotline

Keberkahan Ilmu dari Memuliakan Guru



(Ilustrasi/Rahmi-www.dapurpena.com)

 

 Oleh : Viki Nurbaiti, S.Pd (Praktisi Pendidikan)

 

Sosok guru adalah orang yang begitu berperan mencerdaskan generasi anak bangsa. Beliau adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Dengan ilmu yang dimilikinya, dia didik putra-putri bangsa dengan ikhlas dan penuh pengorbanan.

Guru mengajarkan baca tulis, mengajarkan kepribadian dan bertingkah laku, mengajarkan berbagai bidang ilmu. Bertanggungjawab penuh atas tumbuh kembang serta kemampuan anak selama di sekolah.

Sekolah bagaikan rumah kedua bagi siswa. Sebagai tempat anak-anak menimba ilmu sesuai bidangnya supaya mereka kelak menjadi manusia yang berguna bagi nusa, bangsa, negara, serta agama.

Tak sekedar mendidik siswa, guru juga memiliki tugas administrasi kelas dan sekolah yang menjadi tanggung jawab untuk dikerjakan.

Menyusun perangkat program pembelajaran, melaksanakan evaluasi pembelajaran, menyusun program perbaikan dan pengayaan, menyusun daftar nilai hasil perbaikan dan pengayaan, serta masih banyak lagi tugas administrasi lainnya.

Tugas guru meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dilakukan guna mencapai tujuan yakni meningkatkan kemampuan peserta didiknya agar menjadi manusia yang unggul. Namun, kondisi ini jarang diketahui oleh kebanyakan siswa dan orang tua. Kondisi sekarang menunjukkan ketidakharmonisan hubungan antara guru, siswa dan orang tua.

Sekarang banyak persoalan yang muncul di dunia pendidikan, degradasi moral siswa yang  tidak lagi menganggap guru sebagai panutan dan seseorang yang telah memberikan ilmu serta pengetahuan yang patut di hormati dan disegani.

Di samping itu, sikap serba salah pun berkembang di kalangan guru yang kurang berani lagi bersikap tegas pada siswa karena khawatir terhadap intervensi orang tua. Sebaliknya, orang tua menuntut tinggi terhadap sekolah, tetapi kurang memberikan dukungan yang sama di rumah supaya hasil pendidikan anak di sekolah bisa optimal.

.

Belum lagi fenomena yang beredar dan mencoreng dunia pendidikan. Seakan, ilmu yang diberikan dibangku sekolah tidak meniatkan di dalam hati dan tidak tercermin dalam perilaku siswa. Begitulah akibat dari penerapan sistem pendidikan sekularisme (pemisahan agama dari kehidupan).

Di saat siswa datang ke sekolah hanya sekedar rutinitas belaka tak ada ruh menuntut ilmu. Kadang mereka mendengarkan materi dari guru juga ala kadarnya, ke sekolah berniat hanya having fun kumpul dengan teman-temannya. Generasi semakin abai terhadap ilmu dan menghormati guru.

Dengan diterapkannya sistem sekuler, membuat siswa bersekolah hanya untuk mengejar ijazah, kedudukan dan materi berlimpah. Generasi juga dididik untuk memenuhi target pasar. Terang saja, kepribadian siswa jauh dari kepribadian yang Islami.

Hal ini sangat berbeda dengan sistem pendidikan Islam yang mampu membentuk karakter dan kepribadian Islam, bertsaqafah Islam, dan unggul dalam ilmu pendidikan dan teknologi. Karena dalam sistem Islam tercipta harmonisasi antara siswa, guru dan orang tua.

Orang tua sebagai madrasah utama bagi anak-anaknya akan mengajarkan fondasi yang kuat terkait akidah, ibadah dan adab. Juga akan mencetak generasi 'hafidzul Qur’an', serta mampu menerapkan isi Al-Qur’an dalam kehidupan.

Guru yang memiliki tugas agung mendidik generasi, akan mencurahkan segala tenaga dan upaya untuk memberikan ilmunya, mendidik generasi dengan berbagai bidang ilmu yang bersandar pada Al-Qur’an.

Begitu pun siswa juga memiliki kepribadian yang unggul dan akademik yang bagus karena keberkahan ilmu yang didapat. Mereka memuliakan gurunya karena orang yang telah berjasa dengan sabar dan penuh pengorbanan membimbingnya dan mengajarinya mulai dari hal yang tidak tahu menjadi tahu, mulai dari yang tidak bisa menjadi bisa.

Karenanya harus ada pengaruh yang kuat dari guru dan umat agar sistem Islam segera tegak kembali sehingga melahirkan generasi yang hebat dan tangguh.

 

 

*/Penulis adalah seorang praktisi pendidikan

Editor : Siti Muchliza Ade Ratrini


BACA JUGA :Kalang Kabut Semua Kalangan Pendidikan Serba Online


This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.