Our Self Develop and Improvement for Any Situation

Hot News

Hotline

Our Self Develop and Improvement for Any Situation



(Ilustrasi/Naufal-www.dapurpena.com)


Oleh : Dr. Agung Kwartama, S.E., M.M., M.H.*


Kiasan cerita :

PENYESALAN TUKANG BANGUNAN

Alkisah Seorang tukang bangunan yang telah bertahun-tahun lamanya bekerja ikut pemborong. Ia pun bermaksud mengajukan pensiun karena ingin memiliki banyak waktu untuk keluarganya.

Si Pemborong berkata, "Saya setujui permohonan pensiun Anda dengan syarat Anda bangun dahulu satu rumah terakhir sebelum Anda pensiun. Si tukang bangunan segera membangunnya. Karena kejar tayang, ia pun mengerjakannya asal-asalan dan asal jadi. Selesai sudah bangunan terakhir yang ia buat. Ia serahkan kunci rumah kepada sang Pemborong.”

Sang Pemborong pun tersenyum dan berkata, "Rumah ini adalah hadiah untukmu, karena telah lama bekerja bersamaku." Terkejutlah tukang bangunan itu, ada rasa menyesal kenapa rumah, yang akhirnya hendak ia tempati itu, dikerjakannya secara asal-asalan....

"Andaikan saya tahu sebelumnya jika ini untuk saya... tentunya rumah ini saya bangun dengan sebagus mungkin," Sesal si tukang. Saudaraku.. Ibadah yang kita kerjakan di dunia ini, tak lain adalah “rumah” yang sedang kita bangun untuk kita tempati nanti setelah pensiun dari kehidupan dunia. Jangan sampai kelak kita menyesal karena kita menempati rumah yang kita bangun kualitasnya tidak bagus

Contoh di atas mungkin sebagai referensi kita jika akan mengundurkan diri, pensiun atau persiapan pindah ke perusahaan baru. Di saat terakhir lebih memilih bermalas-malasan serta tidak maksimal dalam penyelesaian pekerjaan yang biasa kita lakukan.

Cara Sederhana Mengembangkan Diri agar Hidupmu Sukses

Rangkuman beberapa informasi 

Memiliki kepribadian menyenangkan dengan berbagai potensi merupakan keinginan banyak orang, mungkin kamu salah satunya. Potensi harus terus diasah atau digali lebih dalam sehingga betul-betul terlihat jelas arahnya. Dengan memaksimalkan potensi atau bakat yang ada, kamu akan lebih percaya diri dalam berkarir. 

Pengenalan diri sangat penting dilakukan agar kamu benar-benar memahami diri dengan baik, termasuk potensi tersebut. Hal ini akan membawa dampak positif dalam kehidupanmu, sehingga kamu bisa mengembangkan potensi diri dan membuat kualitas hidup jauh lebih maksimal dari sebelumnya.

Ada cara mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan dirimu, antara lain: 

Pertama, move on dari masa lalu dan menata masa depan. Tidak sedikit orang terbebani dengan berbagai kenangan di masa lalunya. Entah itu masa lalu yang menyenangkan, bahkan menyedihkan.

Belajarlah mengikhlaskan berbagai hal yang terjadi di masa lampau, terutama kejadian atau peristiwa yang tidak menyenangkan dalam hidupmu. Apapun yang terjadi di masa lalu, biarkan berlalu karena kamu juga berhak bahagia, bukan? Move on, dan mulai menata hati dan masa depanmu, sehingga kamu bisa lepas dari bayang-bayang masa lalu. Keputusan ini merupakan sebuah titik perubahan penting untuk memulai pengembangan dirimu ke depan. 

Kedua, menata pola hidup. Cara mudah pengembangan diri lainnya adalah menata pola hidup. Jika sebelumnya pola hidupmu berantakan, seperti sering mengonsumsi makanan tidak sehat, begadang, jarang olahraga, kecanduan media sosial (medsos), dan aktivitas lainnya yang dapat mengancam kesehatan, maka mulai sekarang tinggalkan.

Lakukan pola hidup normal serta seimbang, di antaranya tidur lebih awal sehingga bangun lebih cepat, datang ke kantor tidak telat, sehingga akhirnya produktivitasmu meningkat. Hal ini akan membuat dirimu berkembang secara maksimal. 

Ketiga, menghadiri seminar, pelatihan, dan aktivitas positif lain. Untuk mengembangkan diri secara maksimal, kamu bisa mengikuti seminar, workshop, pelatihan, atau kelas motivasi yang berkaitan dengan hal tersebut. 

Kamu bisa bertemu serta berinteraksi dengan orang-orang baru. Pilih kegiatan yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan dirimu.

Keempat, mengubah penampilan. Penampilan sangat penting karena menunjukkan pengembangan dirimu. Tentunya melalui padu padan baju yang akan kamu kenakan sehari-hari. Saat berada di rumah dengan bekerja pastinya penampilan berbeda. Kamu juga harus berusaha mengombinasikan atasan dan bawahan dengan pas. 

Cara kamu berpakaian bisa menjadi salah satu poin yang menghambat pengembangan dirimu selama ini, terutama jika kamu terbiasa tidak rapi. Ada banyak kondisi di mana kamu harus tampil bersih dan rapi, sehingga aura dan rasa percaya dirimu terpancar. Pastikan kamu memahami hal ini dengan baik dan mulai mengubah cara berpakaian mu menjadi lebih baik lagi. 

Kelima, fokus pada kemampuanmu. Tidak perlu susah-susah melakukan pengembangan diri. Fokus saja pada kemampuanmu dalam hal apapun, termasuk pekerjaan. 

Keenam, menjaga hubungan baik. Jika kamu memiliki kelebihan menulis misalnya, gali terus mengenai tulis menulis. Dengan begitu, kamu bisa berkembang dan mendapat pencapaian terbaik dalam hidupmu. Fokus pada kemampuan dan kelebihan akan membuatmu lebih percaya diri dan akan meninggalkan hal-hal negatif yang selama ini menjadi titik kelemahanmu. 

Pengembangan diri dapat dilakukan dengan dukungan dari keluarga, teman, dan kerabat dekat lain. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga hubungan dengan mereka yang selalu senantiasa menyayangimu. Menjalin hubungan bersama orang-orang yang satu visi misi, berpikiran positif akan memberi efek positif luar biasa untuk hidupmu.

Jadilah Pribadi yang Lebih Baik

Pengembangan diri jangan dianggap sepele karena manfaatnya sangat besar di dalam kehidupanmu, baik itu untuk karier, hubungan sosial, dan lainnya. Awali pengembangan diri dengan mengenali dirimu sendiri, sehingga kamu dapat menemukan hal-hal yang harus diperbaiki, dipertahankan, dan yang perlu dikembangkan. 

Alasan Kenapa Anda Harus Senantiasa Mengembangkan Diri 

Pertama, supaya memiliki tujuan hidup. Dengan terus mengembangkan diri menjadi lebih baik dari sebelumnya akan memungkinkan Anda untuk melihat apa yang diinginkan dari kehidupan serta apa nilai dan keyakinan dalam diri Anda.

Anda akan menjadi lebih sadar dengan apa yang ingin dilakukan dan menjadi orang yang jauh baik dari sebelumnya.


Kedua, memberikan motivasi dan dukungan. Setelah Anda menemukan tujuan dan pernyataan misi dalam kehidupan, maka Anda bisa mulai menentukan bagaimana ingin mengembangkan diri agar bisa mencapai tujuan tersebut.

Pola pikir seperti ini akan memberikan anda motivasi dan dorongan. Motivasi inilah yang membuat Anda melakukan perjalanan untuk terus mengembangkan diri karena telah melihat tujuan akhir yang sangat jelas.

Ketiga, membuka peluang di masa depan. Ketika Anda mulai mengembangkan diri, keterampilan dan potensi yang ada di dalam diri Anda akan terus berkembang dan ini akan membuka banyak peluang di masa depan.

Saat Anda berusaha untuk menjadi lebih baik, maka Anda akan cenderung mendorong diri sendiri keluar dari zona nyaman dan melawan rasa takut yang datang menghampiri.

Keempat, mampu menangani perubahan yang datang. Pengembangan diri yang dilakukan memungkinkan Anda untuk membangun keterampilan dan kualitas untuk mampu mengatasi rintangan dan kesulitan yang dihadapi.

Hal yang harus Anda sadari adalah perubahan akan terus terjadi dan tidak bisa dihindari. Kualitas yang ada di dalam diri memungkinkan untuk mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi apapun bentuknya.

Kelima, lebih percaya diri. Ketika Anda memiliki tujuan untuk terus memperbaiki diri, maka Anda bisa menjadi pribadi yang jauh lebih percaya diri. Dengan banyaknya perubahan dan peningkatan keterampilan yang Anda lakukan, maka hal ini akan perlahan-lahan membentuk rasa percaya diri yang dimiliki.

Semoga ulasan di atas sebagai acuan kita dalam pengembangan diri dan memotivasi untuk lebih baik dalam segala pekerjaan, belajar dan berorganisasi agar semua yang kita lakukan dengan baik dan fokus, Insyaallah akan mendapatkan hasil yang maksimal..

Selamat berpuasa dan stay at home..


 

*/ Penulis adalah Dosen dan Praktisi kemaritiman

Editor : Fathin Robbani Sukmana


BACA JUGA : Cinta Itu Anugerah Tuhan


This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.