Resensi Buku Filsafat Islam Dr.H.A. Khudori Soleh, M.Ag.

Hot News

Hotline

Resensi Buku Filsafat Islam Dr.H.A. Khudori Soleh, M.Ag.



(Ilustrasi/Naufal-www.dapurpena.com)


Oleh : Rani Sunengsih*


Identitas buku

Judul Buku : Filsafat Islam

Pengarang Buku : Dr.H.A. Khudori Soleh, M.Ag.

Nama penerbit : AR Ruzz Media

Cetakan : Pertama, 2016

Tebal Halaman : 323

Buku ini berjudul Filsafat Islam yang ditulis oleh  Dr.H.A. Khudori Soleh, M.Ag. Guru besar Filsafat Islam UIN Sunan kalijaga, Yogyakarta. Tujuan penulisan buku ini adalah untuk mendorong dan membantu civitas  akademik dalam proses perkuliahan tentang filsafat islam. Selain itu buku ini juga berguna bagi kaum awam untuk memperluas wawasan tentang hakikat islam secara filsafat.

Dalam buku ini penulis menjelaskan bahwa “Filsafat lebih merupakan kajian tentang proses berpikir dan bukan sekedar kajian tentang sejarah dan produk pemikiran”. Namun, lebih memperhatikan aspek sejarah dan produk pemikiran dari pada aspek metodologi tersebut ternyata tidak hanya terjadi dalam kajian filsafat, tetapi juga pada ilmu ilmu keagamaan lainnya, tidak hanya di perguruan tinggi tetapi juga di pesantren.

Isi buku

Dalam buku ini terdiri dari 5 bagian, yang di mana setiap bagian tersebut memiliki beberapa cabang pembahasan. Tanpa sentuhan filsafat, pemikiran dan kekuatan spiritual akan sulit menjelaskan jati dirinya dalam era global. Namun, apa yang dimaksud dengan filsafat di sini bukan sekedar uraian sejarah dan menasrifkannya yang mana merupakan produk pemikiran, melainkan pada sebuah metodologi atau epistemologi. Pokok pembahasan dalam buku ini adalah tentang perkembangan ilmu ilmu islam dan riwayat hidup. Tidak hanya itu di dalam Buku ini menjelaskan sejarah sejarah dalam islam yang di mana disebutkan para tokoh tokohnya.

Kelebihan dan kekurangan Buku

Kelebihan Buku

Buku yang berjudul Filsafat Islam yang ditulis oleh Dr.H. Khudori Soleh, M.Ag. telah ditulis runtut, sehingga pembaca dapat memahami dengan jelas apa yang terdapat dalam buku tersebut. Selain itu buku tersebut bermanfaat membantu para mahasiswa maupun dosen dalam proses perkuliahan. Buku tersebut juga sangat berguna terutama untuk menambah wawasan tentang makna filsafat islam secara filosofis.

Kekurangan Buku

Setiap dalam penulisan buku tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dalam penulisan tidak ada yang salah, hanya saja bahasa yang digunakan kurang memahami sehingga membuat para pembaca harus mengulang bacaannya agar dapat dipahami. Dan kekurangan dalam buku ini juga kurangnya gambar, membuat pembaca kurang tertarik.

 

 

*/Penulis adalah mahasiswi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau.

Editor : Fathin

BACA JUGA : Setapak Sepi



This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.