HIMASYLVA Adakan Pelatihan Jurnalistik Online

Hot News

Hotline

HIMASYLVA Adakan Pelatihan Jurnalistik Online


                     Acara Webminar Jurnalistik Universitas Lampung Jurusan Kehutanan/www.dapurpena.com


www.dapurpena.com Ahad, (26/07/2020) telah berlangsung Webminar Jurnalistik Milenial (Jurnal) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kehutanan (Himasylva) Universitas Lampung.


 BACA JUGA : UNILA Gelar Webminar Jurnalistik Milenial 


Terhitung sebanyak ratusan peserta menghadiri acara ini melalui Google Meet dan yang menonton pada siaran langsung di YouTube Himasylva dengan tema “Meningkatkan Kreatifitas Jurnalistik Sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Lingkungan," sebagaimana diterima redaksi dapurpena.com, Senin, (27/07/2020).

 


Acara ini diawali dengan sambutan dari Dr. Arief Darmawan, S.Hut., M.Sc. sebagai dosen kemahasiswaan dan juga Susni Herwanti, S.Hut., M.Si. selaku Sekretaris Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

 

Penyampaian materi pada kegiatan jurnalistik disampaikan oleh Mas Andre Hariyanto, C.PS., C. STMI., CF-NLP., C. MST. Ia adalah seorang owner dari AR Learning Center, dan juga menjabat sebagai Direktur Utama Taklim Jurnalistik Group. Ia sudah berpengalaman menjadi wartawan muslim dan sudah memegang berbagai sertifikasi seperti Public Speaker, Trainer, Multiple Selt Therapy dan Fundamental Neuro Linguistic Programming.

 

Mas Andre Hariyanto demikian sapaanya, banyak membagikan ilmu dan pengalamannya, seperti bagaimana peran media massa pada saat ini yang kekuatannya sangat besar dalam masyarakat khusus nya dalam memberikan opini publik. Ia juga membagikan bagaimana menjadi jurnalis yang baik yaitu kita harus tetap tabayyun, tidak boleh memihak mana pun dan juga yang tak kalah penting adalah action dari diri kita sendiri.

 


“Menulis berita itu harus memperhatikan tiga unsur berita yaitu judul, lead dan tubuh beritanya serta dikombinasikan dengan rumus 5W1H dan piramida terbalik,” jelas Mantan Manajer Marketing Komunikasi LAZNAS BMH Kepulauan Riau.

 

Pelatihan online ini berjalan sangat baik dan lancar. Para peserta juga sangat antusias saat sesi diskusi dan tanya jawab dengan melontarkan berbagai pertanyaan yang menarik saat diskusi.

 

Peserta dan mahasiswa yang telah mengikuti pelatihan ini panitia memberikan tugas untuk membuat artikel atau berita dengan tema yang telah berikan, pembuatan artikel dilakukan secara berkelompok dengan anggota 3 orang per kelompoknya yang sudah ditentukan pula anggota kelompoknya oleh panitia dan akan dipilih 3 artikel yang akan mendapatkan hadiah dari panitia.

 

Setelah rangkaian acara Pelatihan Jurnalistik ini selesai diharapkan para peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan berharga khususnya pada bidang Jurnalistik yang dapat bermanfaat bagi mereka ataupun yang lainnya di masa yang akan datang. 


Reporter : Bagus Saputra, Mahasiswa Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampun 

Editor : AR CoGan




This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.